Soto Kecik Khas Sokaraja dengan Sambal Super Spesial

Advertisement

Kuliner khas Banyumas memang bikin gemas. Selain Soto Bonjok, ada menu lain yang tak kalah menggiurkan. Apalagi kalau bukan Soto Kecik yang populer di sekitar Sokaraja. Lalu, seperti apa sih keunikan dari kuliner ini dibandingkan lainnya? Simak yuk!

Kuah Kuning Bening Beraroma Jahe

Kuah bening di soto kecik
Kuah bening di soto kecik [image source]
Hampir sama dengan soto lainnya, menu lezat khas Sokaraja ini disajikan dalam mangkok berisi suwiran daging, sayuran seperti tauge, daun bawang, soun dan mie. Namun yang unik adalah kuahnya yang terbuat dari olahan kaldu daging dicampur bumbu rempah tradisional. Aroma sereh, lengkuas dan jahenya pun nikmat. Dijamin menyegarkan tenggorokan.

Isian soto kecik dengan kuah bening menyegarkan
Isian soto kecik dengan kuah bening menyegarkan [image source]

Isi Ketupat Istimewa Khas Banyumas

Soto daging sapi dengan topping kerupuk warna
Soto daging sapi dengan topping kerupuk warna [image source]
Sajian menu lezat di Banyumas ini tidak menggunakan nasi putih, melainkan ketupat. Kamu bisa pesan dipisah atau juga dicampur dengan kuah hangat yang menggugah selera. Meski terlihat sedikit, satu porsi soto kecik ini mengenyangkan. Jika masih kurang, tambah saja ketupatnya. Kenyangnya bakal seharian.

Taburan bawang goreng di soto kecik
Taburan bawang goreng di soto kecik [image source]

Sambal Spesial Khas Banyumas

Soto kecik dengan sambal spesial
Soto kecik dengan sambal spesial [image source]
Selain ketupat, soto kecik ini juga disajikan dengan kerupuk warna serta bawang goreng sebagai toppingnya. Uniknya, kuliner Banyumas ini tidak menggunakan sambal cabe merah seperti biasanya. Lebih spesial yaitu sambal kacang yang mirip dengan pecel khas Madiun. Kelezatan dari soto kecik ini makin nikmat ketika disantap dengan tempe mendoan hangat. Meski berbeda dengan lain, rasanya gurih, pedas dan manisnya tetap juara.

Sambal spesial di soto kecik
Sambal spesial di soto kecik [image source]

Lokasinya Mudah Dijangkau

Kedai soto kecik khas Sokaraja
Kedai soto kecik khas Sokaraja [image source]
Kedai Soto Kecik ini sangat mudah ditemukan. Terletak di jalan Raya Banyumas-Purwokerto atau Jalan Jenderal Sudirman, Sokaraja, warung makan ini terlihat mencolok dengan tulisan besarnya. Menariknya, kamu bukan hanya bisa menyantap lezatnya soto di sini. Baik kanan atau pun kiri terdapat banyak toko oleh-oleh khas Banyumas. Bisa sekalian belanja bukan?

Soto Kecik dengan tempe mendoan
Soto Kecik dengan tempe mendoan [image source]
Itulah dia soto lezat khas Sokaraja yang cukup legendaris. Bagaimana, tertarik untuk mencoba soto dengan sambal kacang satu ini? Yuk, buruan liburan ke Banyumas dan jelajah objek wisatanya

Advertisement
Tags
Banyumas Indonesia Jawa Tengah kuliner
Share