Soto Karang di Karanganyar, Hits dengan Potongan Iga yang Melimpah

Karanganyar merupakan salah satu kabupaten yang terletak di lereng Gunung Lawu. Keindahan alam di sini tak perlu diragukan lagi. Kamu pun bakalan terpana ketika sampai di sini. Tak hanya pesona wisata alam, makanannya juga menggoda. Salah satunya Soto Karang yang menjadi kuliner khas Karanganyar.

Kuliner Enak di Kedai Raja Jawa

Seporsi Soto Karang di Karanganyar
Seporsi Soto Karang di Karanganyar via instagram/@solodelicious

Seperti kota lainnya, Karanganyar memiliki banyak kuliner enak yang menggoda lidah. Apalagi sajian berkuah yang disajikan hangat. Selain Soto Sore yang hanya buka sebelum matahari tenggelam, kamu wajib coba Soto Karang. Letaknya tak jauh dari alun-alun kota, yaitu Jalan Lawu, Cangakan. Nama warungnya Raja Jawa yang sudah mencuri perhatian dengan tulisan nama menu yang diandalkan.

Kedai Raja Jawa di Karanganyar
Kedai Raja Jawa di Karanganyar via instagram/@sotokarang_donatdonut

Soto ala Sop Buntut

Soto Karang Biasa
Soto Karang Biasa via instagram/@solodelicious

Sekilas, kamu pasti mengira jika sajian soto di warung ini adalah sop iga atau sop buntut. Hal ini karena tampilannya sudah penuh dengan potongan iga. Tak hanya itu saja, ketika menyendok kuahnya, kamu pun bakalan merasakan citarasa soto yang berbeda dengan lainnya. Yap, soto karang memliki kemiripan dengan soto kwali yang dikombinasikan dengan rasa sop buntut. Keunikan inilah yang membuatnya dijadikan sebagai kuliner khas Karanganyar.

Soto Karang, Kuliner khasnya Karanganyar
Soto Karang, Kuliner khasnya Karanganyar via instagram/@solodelicious

Potongan Iga yang Empuk

Soto Karang enak di Karanganyar
Soto Karang enak di Karanganyar via instagram/@sotokarang_donatdonut

Keunikan dari tampilannya memang mengundang tanya. Namun, kamu bakalan puas bahkan ketagihan setelah mencobanya. Isi dari soto ini terdiri dari nasi, kentang goreng, kecambah, bawang goreng, irisan daun seledri serta potongan iga sapi dengan ukuran besar. Potongan iga di sini memang besar, tapi teksturnya empuk. Nah, tampilannya yang menyerupai karang di laut membuatnya disebut soto karang.

Potongan Iga yang menggiurkan
Potongan Iga yang menggiurkan via instagram/@solodelicious

Kuah Sedap yang Kaya Rempah

Kuliner Soto Karang di Karanganyar
Kuliner Soto Karang di Karanganyar via instagram/@solodelicious

Istimewa dari kuliner ini tak hanya potongan iganya. Cita rasa dari kuah gurihnya bikin pengen nambah lagi. Perpaduan rempah dari serai, bawang putih, daun bawang, lengkuas, serta jahe sangat pas di lidah. Belum lagi perasan jeruk nipis serta sambal yang tak kalah menggoda. Nah, sebelum menyantap sajian ini, jangan lupa untuk mengaduknya agar citarasanya makin lezat.

Perasan Jeruk di Soto Karang
Perasan Jeruk di Soto Karang via instagram/@solodelicious  

Kedai makan yang terletak di utara Alun-alun ini tak hanya menawarkan soto karang. Ada menu enak lain seperti ayam bakar, bebek bakar, hingga pecel lele. Harganya juga terjangkau dan tak bikin tekor. Nah, kamu yang berencana liburan ke Karanganyar, jangan lupa menjajal kuliner khas ini ya!

Tags
Indonesia Jawa Tengah Karanganyar Kuliner Soto
Share