Soto Hollywood, Soto Yahud dengan Cita Rasa Segar di Jogja

Ketika berkeliling Jogja, Teman Traveler harus merasakan makanan dengan sebutan unik satu ini. Namanya adalah Soto Hollywood yang banyak dicari oleh wisatawan. Kalau kalian ingin tahu bagaimana lezatnya soto ini, bisa simak ulasan di bawah ini.

Sejarah Singkat Pemberian Nama Unik

soto hollywood
Soto segar (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Nama Hollywood ini ternyata punya sejarah tersendiri, lho. Dulu, ketika awal berjualan soto, sang owner menumpang lapak pecel lele bernama Hollywood. Alhasil, sotonya pun juga dikenal sebagai Soto Hollywood. Jadi, bukan soto dari negara Hollywood, ya.

Eksis Sejak Tahun 2002

soto hollywood
Tampilan soto (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Bukan menjadi pendatang baru, Soto Hollywood sudah menyajikan kelezatan sejak tahun 2002. Hebatnya, sampai sekarang masih menjadi jujugan favorit. Cita rasa yang dihadirkan masih tetap sama, tidak pudar seiring berkembangnya jaman. Pelanggannya pun banyak yang masih setia, terbukti dengan warungnya yang selalu ramai oleh semua kalangan.  

soto hollywood
Warung tampak depan (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Kini Soto Hollywood memiliki dua warung. Pusatnya beralamat di Jl. Kaliurang, Candirejo, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman. Lokasinya berada tidak jauh dengan Universitas Islam Indonesia (UII). Sementara cabangnya berada di Jalan Nusa Indah, Ngringin, Condongcatur, Depok, Sleman. Warungnya terletak di seberang kawasan Kampus Amikom.

Ada Menu Pagi dan Sore

Pelayan menyiapkan pesanan (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Soto Hollywood menyediakan menu berbeda antara pagi dan sore. Pada pagi hari, menu yang ditawarkan berupa soto ayam dan daging sapi. Menu pagi ini disajikan antara pukul 06.00 hingga 14.00 WIB. Sementara untuk menu sore ada banyak pilihan. Selain soto daging dan ayam ada soto babat, soto ceker, soto bakso, soto campur dan soto komplit.

soto hollywood
Aneka soto (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Selain soto, di sini juga menyediakan aneka sop seperti sop ayam, sop daging, sop sosis, sop rolade, sop ceker, sop campur dan sop komplit. Untuk menu sore tersedia pada waktu antara pukul 14.00 hingga 22.00 WIB. Untuk menu soto dibanderol dari harga Rp10 ribu hingga Rp14 ribu.

Rasa yang Menyegarkan

Tampilan lezat (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Dengan harga yang merakyat, satu mangkok soto memiliki porsi cukup besar. Terdiri dari nasi, irisan kubis, potongan wortel, tauge, bihun, tahu, daging dan gajih sapi. Kemudian disiram dengan kuah kuning bening dan ditaburi seledri serta bawang goreng.

Soto Daging Sapi (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Disajikan dalam keadaan panas, soto justru semakin menggugah untuk segera disantap. Kuahnya kaya akan rempah dan begitu menyegarkan. Ada sentuhan rasa gurih karena menggunakan kaldu tulang sapi.

Untuk soto daging, daging sapinya empuk dan gurih. Agar tambah kaya rasa, Teman Traveler juga bisa tambahkan jeruk nipis, kecap atau sambal ke dalamnya. Namun sejatinya, kuahnya sendiri sudah sedap meski tanpa bumbu tambahan.

Lauk Pelengkap yang Jangan Terlewat

Lauk pelengkap (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Meski sotonya sudah lezat, namun akan lebih sempurna jika disantap bersama lauk pelengkap. Setiap memesan soto, pembeli akan disajikan juga mangkok berisi tempe dan sate. Pembeli tinggal ambil berapapun sesuai selera. Tempe berbalut tepung digoreng tipis dan kering sehingga ada sensasi ‘kriuk-kriuk’.

Sementara satenya ada sate usus dan sate hati ayam. Untuk satu tempe krispi cukup merogoh kocek Rp500 saja, sedangkan sate dibanderol dengan harga Rp2 ribu per tusuk. Sangat cocok disantap bersama dengan soto selagi hangat. 

Penasaran dengan cita rasa Soto Hollywood? Tak perlu ragu untuk menyambangi warungnya karena rasa dijamin lezat dan bikin nagih. Pecinta soto yang sedang berada di Jogja, wajib hukumnya untuk coba menu-menu di Soto Hollywood. Selamat mencoba!

Tags
Indonesia Jogja kontributor kuliner Indonesia Sleman Soto Hollywood
Share