Enaknya Soto Girin, Paling Beken di Sragen

Advertisement

Sragen merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki banyak kuliner khas. Ada Pecel Tumpang, Botok Mercon, hingga yang paling populer adalah Soto Kwali. Meski dimasak sederhana, rasanya sungguh luar biasa. Seperti soto nikmat di Warung Girin satu ini!

Dimasak di Atas Kuali

Soto Girin yang terkenal di Sragen
Soto Girin yang terkenal di Sragen [image source]
Soto Girin, begitulah banyak orang mengenalnya. Nama tersebut diambil dari pemiliknya terdahulu. Seperti soto khasnya Sragen, kuliner lezat di Jl. Brigjen Katamso no 2, Ringinanom ini dimasak menggunakan kuali dari tanah liat. Sementara perapiannya memakai kayu bakar. Meski sederhana, rasanya sungguh luar biasa.

Masak dengan kuali sederhana
Masak dengan kuali sederhana [image source & source]

Kuah Kaldu Kental yang Bikin Ketagihan

Kuah Soto Girin yang menggoda
Kuah Soto Girin yang menggoda [image source]
Buka mulai pagi hari, kamu bisa menyantap olahan ini untuk sarapan. Yang paling menggoda adalah bagian kuahnya. Berwarna kuning kecokelatan, kaldu Soto Girin lebih kental tapi tetap saja tak kehilangan kegurihannya. Disajikan bersama dengan nasi hangat, potongan daging, kecambah, bawang goreng, serta daun seledri, kuliner khas Sragen ini begitu menggoda mata.

Kuliner soto girin
Kuliner soto girin [image source]

Soto Spesial Kaya Akan Daging

Seporsi soto girin dengan nasi
Seporsi soto girin dengan nasi [image source]
Porsi soto ini boleh saja kecil. Ukuran mangkuknya juga mini seperti soto lainnya. Namun, kamu bakalan dimanjakan dengan isian melimpah yang bikin pengen nambah. Apalagi potongan dagingnya yang tak pelit. Melimpah dan sangat mudah dikunyah.

Porsi Soto Girin yang Bikin Pengen Nambah Lagi
Porsi Soto Girin yang Bikin Pengen Nambah Lagi [image source]

Aneka Jeroan yang Jadi Lauk Pelengkap

Babak sebagai lauk tambahan
Babak sebagai lauk tambahan [image source]
Menyantap sajian khas Sragen ini tak hanya dengan kerupuk saja. Warung Pak Girin juga menyediakan aneka jeroan goreng yang menggiurkan. Ada babat serta paru yang disajikan dalam satu piring besar. Kalau mau, kamu bisa meminta untuk dipotongkan lebih kecil saat memesan.

Aneka Jeroan, lauk soto girin
Aneka Jeroan, lauk soto girin [image source]

Tak Cukup Hanya Seporsi

Seporsi soto girin dengan jeroan
Seporsi soto girin dengan jeroan [image source]
Sarapan di Warung Soto Girin, tak cukup jika hanya memesan satu porsi. Sebaiknya, pesan dua sekaligus agar sarapan paginya kenyang seharian. Namun, kamu perlu catat sebelum datang ke sini. Pilih waktu yang sepi dan hindari hari-hari libur. Pasalnya, warung legendaris dari tahun 1954 ini selalu ramai oleh pengunjung.

Soto Girin Khas Sragen
Soto Girin Khas Sragen [image source]
Bagaimana, berminat untuk mencoba soto dengan aroma khas kuali dan kayu bakar satu ini? Yuk, mampir dan sekalian liburan ke objek wisata di Sragen.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah Kuliner Soto sragen
Share