Nyeruput Soto Gerabah, Kuliner di Solo dengan Citarasa Istimewa

Soto merupakan kuliner khas Indonesia yang mudah ditemukan. Menariknya, setiap daerah memiliki keunikan tersendiri. Di Padang rasanya cukup pedas, berbeda dengan Soto Lenthok di Jogja manis. Sementara di Solo, ada Soto Gerabah yang tak kalah mencuri perhatian. Seperti apa rasanya. Yuk, simak pengalaman seru dari Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara berikut ini.

Disajikan Spesial di Atas Gerabah

Disajikan dengan peralatan yang serba gerabah
Disajikan dengan peralatan yang serba gerabah (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Sesuai dengan namanya, soto gerabah disajikan dengan mangkuk yang terbuat dari gerabah. Tidak hanya mangkuknya yang tradisional, tapi sendoknya pun juga berasal dari tembikar. Konon katanya, peralatan makan tradisional ini menghadirkan citarasa yang berbeda dari soto biasanya. Lebih nikmat dan kuahnya juga lebih sedap. Tentunya, beda dengan soto di atas mangkuk yang terbuat dari keramik atau kaca.

Perawatan Alat Makan

Berisi suwiran ayam, seledri, dan bihun
Berisi suwiran ayam, seledri, dan bihun (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Tidak hanya mangkuk dan sendok, semua alat untuk memasak menu ini juga terbuat dari gerabah. Ada kuali, centong dan banyak lagi lainnya. Karena alatnya yang unik, perawatannya juga tak boleh asal. Setelah digunakan, semua peralatan ini dicuci dan dirawat. Pasalnya, rasa asli soto bakalan berbeda jika tidak dicuci sempurna.

Isian Soto yang Menggugah Selera

Jadi menu sarapan yang nikmat
Jadi menu sarapan yang nikmat (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Seporsi soto ini memiliki kuah bening dengan aroma bawang putih yang pekat. Tak lupa tambahan  jeruk nipis, kecap dan juga sambal untuk menambah citarasa. Komposisi dari Soto Gerabah sendiri hampir sama dengan soto biasanya, yaitu nasi, suwiran ayam, seledri serta bihun.

Biasanya, hidangan ini dipadukan dengan renyahnya tempe goreng. Terasa kurang jika lauk pendamping ini tidak sekalian disajikan.

Tempat Makan Soto Gerabah di Solo

Soto Gerabah dengan teh poci
Soto Gerabah dengan teh poci (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Teman Traveler yang penasaran dengan rasanya? Mampir saja ke Jalan Prof. Dr. Soepomo No 57. Tepatnya di sebelah Omah Lawas. Jika masih bingung, Teman Traveler bisa menggunakan Google Map menuju lokasi. Sesampainya, Teman Traveler akan disuguhi tempat makan bernuansa Jawa. Cocok banget untuk makan bersama keluarga dan sahabat. Nah, untuk harga satu mangkuknya hanya Rp10.000. Sementara tempenya hanya Rp1.000.

Soto Gerabah merupakan salah satu kuliner khas Nusantara yang wajib untuk dicoba. Rasa dan penyajiannya unik dan berbeda dari menu lainnya. Jadi, saat liburan ke Solo, jangan lupa cicipi ya!

Tags
Indonesia Jawa Tengah kuliner Solo Solo Travelingyuk
Share