Soto Gerabah Mbok Tuginem, Kuliner Istimewa Jogja dengan Harga Murah Meriah

Advertisement

Berburu kuliner di Jogja tak akan kehabisan ide. Hampir setiap sudut, ada saja makanan enak yang menggugah selera. Ada gudeg yang khas dari Jogja, oseng mercon, ketoprak, hingga soto. Berbicara soto, ada satu tempat yang cukup populer karena harga murah meriahnya. Rasanya juga tak mengecewakan. Namanya Soto Gerabah Mbok Tuginem yang ulasannya ada di bawah ini.

Penyajian Klasik dengan Mangkuk Gerabah

Soto lezat di dalam Mangkuk Gerabah
Soto lezat di dalam Mangkuk Gerabah via instagram/@javafoodie

Sudah biasa menyantap seporsi soto di atas mangkuk keramik? Kamu wajib coba menikmati soto enak di atas mangkuk gerabah. Tepatnya tidak lain di Soto Gerabah Mbok Tuginem yang terletak di Jalan Selokan Mataram, Kadirojo, Purwomartani, Kalasan. Tempat yang juga dikenal dengan nama Soto Gerabah Kalasan ini buka dari jam 6 pagi hingga 4 sore ini. Cocok untuk kamu yang ingin mencari sarapan atau menu makan siang.

Porsi Soto Gerabah Mbok Tuginem
Porsi Soto Gerabah Mbok Tuginem via instagram/@jogjabikinlaper

Kaldu Bening dengan Rasa Istimewa

Isi Soto Gerabah
Isi Soto Gerabah via instagram/@jogjabikinlaper

Seporsi soto istimewa di Jogja ini berisikan nasi putih, tauge panjang, serta irisan daging sapi. Tak lupa tambahan bawang putih goreng dan irisan daun seledri. Untuk kuah kaldunya berwarna bening, tapi rasanya gurih dan menyegarkan. Rasa rempah dari menu ini benar-benar terasa. Jika cermat, kamu bakal merasakan sensasi cengkeh ringan yang bercampur dengan bawang putihnya.

Kuah bening Soto Gerabah di Jogja
Kuah bening Soto Gerabah di Jogja via instagram/@javafoodie

Aneka Lauk yang Bikin Ketagihan

Seporsi soto dengan lauk tempe garit
Seporsi soto dengan lauk tempe garit via instagram/@pesonajogja

Porsi soto yang pas tersebut terbilang sangat murah. Hingga artikel ini ditulis, harganya hanya Rp7.000. Harga tersebut belum termasuk lauk-pauk. Hidangan pendampingnya disajikan terpisah, tapi lengkap dan bikin ketagihan. Ada sate ati ampela, usus, tempe garit, sate ayam, tahu, serta telur puyuh yang dibandrol sekitar Rp2.000 per biji. Jangan lupa menambah sambal serta perasan jeruk nipis sehingga makin nikmat.

Aneka Lauk di Soto Gerabah
Aneka Lauk di Soto Gerabah via instagram/@icha_lucuts

Tempat Makan dengan Pemandangan Sawah

Seporsi Soto Gerabah
Seporsi Soto Gerabah via instagram/@andriie.ssap

Tak hanya spesial dengan sotonya, kamu pun bakalan betah makan di warung Mbok Tuginem. Bagaimana tidak, tempat makannya ada di saung-saung yang langsung menghadap sawah petani. Udara sejuk pun menemani agenda makan siangmu di Jogja. Pas banget dengan menyeruput minuman segar seperti wedang kolang-kaling, es tape, es kolang-kaling hingga es jeruk.

Nikmatnya Soto di tepi sawah
Nikmatnya Soto di tepi sawah via instagram/@ayyulaksono

Bagaimana, tertarik untuk mencoba Soto Gerabah Mbok Tuginem? Yuk, segera atur jadwal untuk liburan ke Kota Gudeg.

Advertisement
Tags
Daerah Istimewa Yogyakarta Indonesia Jogja kuliner Jogja Yogyakarta
Share