Lima Soto di Solo yang Enak untuk Kulineran, Murah dan Kenyang

Jawa Tengah memiliki banyak kota menarik untuk dijadikan destinasi wisata, termasuk Solo. Selain warisan budaya seperti keraton, kuliner Solo juga banyak yang enak dan ngangenin. Jangan takut kelaparan, di bawah ini ada pilihan soto enak yang cocok untuk wisata kulineran selama berlibur di Solo. Sudah siap?

1. Soto Seger Mbok Giyem

Soto Seger Mbok Giyem
Soto Seger Mbok Giyem via Instagram/@ky.foodstagram

Pecinta makanan berkuah pasti tak asing dengan Soto Seger Mbok Giyem. Soto asli Boyolali ini sudah memiliki banyak cabang, termasuk di Solo. Kedainya berlokasi di Jalan Kapten Piere Tendean, Nusukan, Banjarsari, Solo. Semangkuknya, soto dengan kuah segar ini berlauk lengkap. Tak hanya daging yang empuk, kamu juga bisa memilih tambahan seperti gorengan atau sate-satean. Menu yang cocok untuk sarapan karena Soto Seger Mbok Giyem di Solo sudah buka sejak pukul 7 pagi.

Soto Seger Mbok Giyem di Solo
Soto Seger Mbok Giyem di Solo via Instagram/@irfanwiranatakusumah

2. Soto Daging Pak Keman

Soto Daging Pak Keman
Soto Daging Pak Keman via Instagram/@jogjakakilima

Tak perlu khawatir akan susah mencari tempat makan yang masih buka hingga tengah malam. Selain nasi liwet, ada juga Soto Daging Pak Keman yang buka sejak pukul 5 sore sampai habis. Soto Pak Keman sudah buka cabang kedua, lokasinya berada di Jalan Jamsaren No. 9 Tipes Serengan, Solo. Kuah hangat soto bisa menjadi penghangat diri, apalagi dengan potongan tomat yang membuatnya semakin segar. Jika daging yang melimpah masih kurang, tambah saja beberapa lauk pilihan yang disediakan, seperti gorengan paru yang menggoda.

Soto Daging Pak Keman 2
Soto Daging Pak Keman 2 via Instagram/@asriwarastuty

3. Soto Kirana

Soto Kirana Solo
Soto Kirana Solo via Instagram/@solo.ngangeni

Jika mencari menu enak dan hangat untuk sarapan, datang saja ke Soto Kirana. Letaknya berada di Jalan Mr. Moh. Yamin No.68, Jayengan, Serengan, Solo dan buka sejak pukul 9.30 pagi hingga sore. Porsinya tidak terlalu banyak, sangat pas untuk sarapan. Lauk tambahan pun cukup lengkap, dari sate paru, kulit, hingga jeroan lainnya. Disediakan pula berbagai jajanan pasar untuk camilan sebelum menu pesanan datang. Harga per mangkuknya murah, yaitu kisaran Rp10 ribu. Kenyang dan murah.

Soto Kirana
Soto Kirana via Instagram/@sotokirana

4. Soto Triwindu

Soto Triwindu Solo
Soto Triwindu Solo via Instagram/@mutiaraindrawati

Soto Triwindu juga cocok untuk dijadikan menu sarapan saat traveling ke Surakarta. Tempat makan yang terletak di Jalan Teuku Umar, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta ini sudah buka sejak pukul 6 pagi. Soto legendaris di Solo ini sudah buka sejak tahun 1937 dan rasanya tak berubah hingga kini. Kuahnya yang kental dengan daging merah empuk menjadi ciri khas dari Soto Triwindu. Sayangnya, parkir untuk kendaraan roda empat hanya bisa sampai di depan gang dan harus jalan kaki lagi. Namun, nikmatnya rasa dari soto legendaris ini layak dicoba sendiri.

Soto Triwindu
Soto Triwindu via Instagram/@jakartarandomeats

5. Soto Gading

Soto Gading I solo
Soto Gading I Solo via Instagram/@javafoodie

Satu lagi kuliner enak yang wajib dicoba saat jalan-jalan di Kota Solo. Soto Gading berlokasi di Jalan Brigjen Sudiarto No. 75, Joyosuran, Pasar Kliwon, Solo. Saking enaknya, soto ini menjadi langganan Presiden Jokowi. Banyak juga pejabat-pejabatnya yang menyempatkan diri mampir ke kuliner satu ini dan membuktikan kelezatannya. Porsinya pun cukup pas untuk sarapan. Lauk tambahan pun beragam, dari tahu dan tempe goreng hingga sate telur puyuh. Ditambah dengan segelas teh panas, menu sarapanmu akan sempurna.

Soto Gading I
Soto Gading I via Instagram/@pristian_2322

Percaya kan kalau jalan-jalan di Solo tidak akan membuatmu kelaparan? Jangan lupa untuk mencicipi soto-soto enak di atas, ya. Bagaimana, kapan nih mau ke Solo?

Tags
Indonesia Jawa Tengah kuliner Solo Soto
Share