Ragam Soto dengan Kuah Santan yang Rasanya Nendang, Gurih Bikin Nagih

Soto merupakan salah satu kuliner khas Indonesia dengan kuahnya yang membuat ketagihan. Ragam soto di Indonesia juga banyak jumlahnya, ada soto Banjar, soto Betawi, soto Lamongan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Berbicara masalah soto, ada dua macam kuah yang bisa dipilih. Ada kuah encer dan juga kental. Kali ini Travelingyuk akan membahas ragam soto dengan kuah santan yang bisa dinikmati. Catat daftarnya, ya.

Soto Betawi, Jakarta

Soto Betawi, Via Instagram/dishby_ifah
Soto Betawi, Via Instagram/dishby_ifah

Salah satu soto dengan kuah santan yang banyak diburu adalah Soto Betawi. Kuliner ini memanfaatkan jeroan sebagai lauknya. Selain itu, juga ada organ-organ lain yang digunakan. Misalnya saja mata, torpedo, hati, dan lain-lain. Untuk kuahnya sendiri merupakan campuran santan dan susu yang membuat rasanya begitu khas. Salah satu rekomendasi kuliner yang perlu dicoba jika datang ke ibu kota.

Soto Tangkar, Jakarta

Soto Tangkar, Via Instagram/e_ndro
Soto Tangkar, Via Instagram/e_ndro

Soto Tangkar ini merupakan kuliner Betawi. Tangkar sendiri ternyata merupakan sebutan untuk iga sapi dalam bahasa Betawi zaman penjajahan Belanda. Karena sudah sangat melekat, nama tangkar masih digunakan hingga detik ini. Bedanya soto tangkar dengan soto betawi terletak pada kuahnya. Kuah soto tangkar ini memiliki warna kemerahan karena penggunaan kunyit dan cabai sebagai bumbu. Sementara soto betawi memiliki kuah yang lebih cerah.

Soto Branggahan, Kediri

Soto Branggahan. Via Instagram/dapur_verina
Soto Branggahan. Via Instagram/dapur_verina

Ada pula namanya adalah Soto Branggahan yang tampilannya agak kental karena penggunaan santan kelapa. Campuran santan dengan beragam rempah membuat kuah soto branggahan begitu gurih dan nikmat.

Jika soto tangkar menggunakan iga sapi, soto branggahan ini memanfaatkan daging ayam kampung yang disuwir lalu ditaburkan di atas sajian bersama dengan daun seledri dan kecambah. Biasnya disajikan di mangkuk kecil mirip cawan.

Soto Medan

Soto Medan, Via Instagram/hociakholim
Soto Medan, Via Instagram/hociakholim

Dari Sumatra Utara ada Soto Medan berkuah santan yang perlu untuk dinikmati. Ciri khas dari soto Medan ini memang terletak pada santan yang kental. Ditambah lagi dengan campuran ragam rempah asli Indonesia. Untuk pilihan dagingnya sendiri, ada suwiran ayam ataupun potongan daging sapi yang disesuaikan selera masing-masong. Soto Medan ini memiliki citarasa gurih dan manis. Bikin rasanya makin mak nyuss adalah penambahan perasan jeruk nipis.

Pecinta makanan berkuah, jangan lupa mencicipi soto-soto yang telah disebutkan di atas ya Teman Traveler. Supaya kamus rasa sotomu semakin beragam saja. Bagaimana, mau coba yang mana dulu, nih?

Tags
Kuliner Soto soto betawi soto dengan kuah santan soto medan
Share