Lezatnya Soto Betawi Afung, Rekomendasi Kuliner Berkuah di Ibukota

Setiap kota punya satu kawasan yang terkenal dengan kulinernya. Jika di Bogor ada Gang Aut, di Jakarta ada Gang Gloria yang berlokasi di Glodok, Jakarta Barat. Di sini tidak hanya terkenal dengan Kopi Es Tak Kie, tapi ada juga Soto Betawi Afung yang rasanya memanjakan lidah. Keunikan apa yang ditawarkan di kedai makan ini? Yuk, intip ulasannya berikut ini.

Legendaris Sejak Tahun 1982

Warung Soto Betawi Afung
Warung Soto Betawi Afung via instagram/@theweekendwarrior.id

Kulineran soto betawi di ibukota bukanlah hal yang susah. Hampir setiap sudut ada saja warung dengan menu berkuah ini. Namun, terasa kurang jika belum menjajal Soto Betawi Afung. Nama warung makan ini tak asing karena sudah berjualan sejak tahun 1982. Pemiliknya seorang China Betawi yang kini telah memiliki cabang di Puri Kembangan dan Kelapa Gading.

Porsi Istimewa yang Tak Pelit

Isian Soto Afung yang menggugah selera
Isian Soto Afung yang menggugah selera via instagram/@168lim

Pilihan soto di sini terdiri daging ayam, sapi, dan jeroan sapi. Bebas mau pilih yang mana sesuai dengan selera. Tak perlu khawatir, menu yang disajikan tidak hanya daging dan kuah, tapi juga beberapa isian pilihan mulai babat, paru, kikil, hingga urat. Tak lupa tambahan kentang, emping, dan tomat segar. Ukuran porsinya cukup banyak dan mengenyangkan. Ngiler kan lihat porsinya?

Kuah Spesialnya Bikin Nagih

Seporsi soto betawi afung dengan isian daging sapi
Seporsi soto betawi afung dengan isian daging sapi via instagram/@willzwidjaja

Keunikan utama dari Soto Betawi Afung ini berasal dari kuahnya yang berwarna putih kekuningan. Teksturnya tak terlalu encer karena menggunakan campuran santan. Tak hanya itu, ada pula campuran rebusan sumsum tulang sapi yang bikin rasanya makin sempurna. Nah, untuk teman traveler yang takut kolesterol boleh memesan tanpa campuran rebusan sumsum tulang sapi.

Varian Lain yang Curi Perhatian

Soto Mie Afung yang tak kalah menggoda
Soto Mie Afung yang tak kalah menggoda via instagram/@monsieur_andry

Hingga artikel ini ditulis, harga seporsi soto di sini sebesar Rp37.000. Sedangkan porsi dengan nasi dibanderol Rp42.000. Jika tak ingin makan soto, Teman Traveler juga bisa menjajal soto mie dengan isian padat. Semangkuknya terdiri dari irisan kol, wortel, tomat, mie kuning, bihun, daging, dan kikil yang disiram dengan kuah kaldu sapi. Tekstur mie di sini kenyal dan lumer banget di mulut. Dijamin nagih.

Makin penasaran dengan rasanya Soto Betawi Afung kan? Buruan kulineran ke Gang Gloria. Ingat jangan datang malam hari ke sini, karena warung soto Afung sudah tutup jam empat sore.

Tags
Gang Gloria Indonesia Jakarta jakarta Barat kuliner jakarta
Share