Soto Ayu Jember, Kuliner Malam Legendaris dalam Pasar

Ngomongin kuliner enak memang gak ada habisnya ya Teman Traveler. Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saat mencicipi salah satu kuliner legendaris Jember, yaitu Soto Ayu.

Uniknya, sajian satu ini dijual di salah satu sudut pasar induk terbesar di Jember. Penasaran? Yuk, simak ulasan lengkap saya menyantap masakan legendaris asal Kota Tembakau ini!

Kuliner Legendaris dalam Pasar

Gerobak Soto Ayu (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Siapa bilang pasar hanya berisi sayuran, daging, ikan mentah, dan bahan masakan lain? Pasar biasanya juga punya beberapa penjaja kuliner dengan kelezatan yang pantang diremehkan. Soto Ayu salah satu contohnya. Berawal dari jualan di pasar, kini kedainya sudah punya beberapa cabang di Jember.

Kedai di Pasar Tanjung (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Kedai Soto Ayu bisa Teman Traveler temukan di salah satu sudut Pasar Tanjung, salah satu pasar induk terbesar Jember. Alamatnya ada di Jalan Samanhudi. Jangan khawatir, meski masuk wilayah pasar, warungnya masih nampak dari pinggir jalan kok. Kalian takkan sulit menemukan lokasinya.

Teman Traveler bisa mampir ke kuliner legendaris ini setiap hari. Mereka biasanya buka mulai pukul 18.00 hingga 02.00.

Kelezatan Kuah Soto

Penjual masukkan irisan ayam dalam mangkuk soto (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Soto Jember identik dengan kuah bening, beda dengan Soto Lamongan yang gunakan kuah santan. Begitu pula dengan Soto Ayu, kuahnya bening kekuningan. Sementara untuk isiannya, terdiri dari potongan ayam, telur serta kubis. Tidak lupa disertakan taburan irisan seledri, tomat segar, dan bawang goreng.

Semangkok soto nikmat (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Selain kuah soto yang kaya rempah, hal lain yang bikin Soto Ayu makin nikmat adalah koya. Rasanya sangat khas, terbuat dari parutan kelapa yang disangrai dan dihaluskan.

Aroma maupun rasa Soto Ayu benar-benar nikmat Teman Traveler, apalagi disajikan selagi panas. Cocok dijadikan pilihan santap malam selama berada di Jember. Harga seporsinya cukup murah, hanya Rp15.000.

Aneka Lauk Pendamping

Aneka lauk pendamping (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Dimana-mana soto isinya cuma ayam atau daging. Namun di sini, Teman Traveler bakal disuguhkan banyak pilihan lauk pendamping. Kalian tinggal comot saja sesuai selera. Mau usus, ampela hati, brutu, maupun perkedel, semua ada.

Pesanan soto dan lauk pendamping (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Semua lauk ekstra tersebut disajikan dengan tusuk sate, seperti angkringan di Jogja. Harganya bervariasi, mulai Rp1.500 hingga Rp4.000. Saya sendiri kerap memilih sate usus. Sementara perkedel dan ampela ati lebih cocok dimakan ramai-ramai karena isinya cukup banyak.

Pantang Kelaparan di Malam Hari

Racikan soto siap disiram kuah (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Teman Traveler sering lapar malam hari menjelang tidur? Saya sendiri pasti bakal sulit tidur jika perut tengah kosong. Makanya saya sangat bersyukur jika ada kuliner lezat buka di malam hari. Kehadirannya bagaikan sosok penyelamat, seperti Soto Ayu ini.

Pengunjung malam hari (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Meski berada di gang sempit dalam pasar, Soto Ayu bisa dibilang hampir tak pernah sepi pengunjung. Hingga tengah malam pun warungnya masih ramai dipadati pelanggan. Penikmatnya datang dari berbagai kalangan, pria maupun wanita, orang tua hingga anak muda. Semua tampak antusias bersantap malam di sini.

Buat Teman Traveler yang sedang liburan di Jember, wajib hukumnya mencicipi Soto Ayu. Meski harus blusukan di pasar, saya jamin rasanya di luar ekspektasi. Tak bakal menyesal deh. Selamat mencoba!

Tags
Jember kontributor kuliner jember soto ayu jember Travelingyuk
Share