Soto Ayam Pak Man Semarang, Kelezatannya Pernah Membuai Jokowi

Meski dikenal dengan julukan Kota Lunpia, kuliner Semarang lainnya yang tidak boleh Teman Traveler lewatkan adalah soto. Salah satu kedai Soto Semarang yang bisa kalian coba adalah Soto Ayam Pak Man. Sudah punya lima cabang dan bisa jadi salah satu destinasi jelajah kuliner di Kota Atlas.

Seporsi Soto Ayam Pak Man (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Soal kelezatan, Soto Ayam Pak Man tak perlu disangsikan lagi. Kedainya sering disambangi artis ibukota, para pejabat, hingga presiden Joko Widodo. Lantas apa yang membuat kedai ini begitu istimewa dan terkenal di kalangan pecinta kuliner? Berikut ulasan singkatnya.

Cara Penyajian yang Khas

Gunakan pikulan, bukan gerobak (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Salah satu yang membuat Soto Ayam Pak Man berbeda adalah disiapkan di atas pikulan, alih-alih gerobak. Mulai dari kuah hingga ubo rampe, semua diracik dengan cermat di atas pikulan tersebut.

Agar pelanggan bisa dilayani dengan cepat, pramusaji sudah menyiapkan deretan mangkuk berisi bahan-bahan pembuat soto. Semua diletakkan berjejer di dekat panci besar berisi kuah. Begitu Teman Traveler datang memesan, pegawai tinggal menambahkan kuah panas saja.

Cita Rasa Tak Perlu Diragukan

Gurihnya benar-benar menggoda via Instagram.com/eatwithkoko

Siap melayani pelanggan mulai pukul 07.00, Soto Ayam Pak Man disajikan dalam mangkuk mungil berisi nasi, bihun, tauge, suwiran daging ayam, potongan tomat, potongan daun bawang, dan kuah bening bercita rasa manis gurih.

Supaya makin sedap, Teman Traveler jangan lupa menambahkan kecap manis, sambal, dan perasan jeruk nipis. Dijamin kalian bakal langsung ketagihan dengan kesegaran kuahnya.

Banyak Pilihan Lauk Menggoda

Mau pilih lauk mana via Instagram.com/bubueataway

Jika seporsi soto dirasa belum cukup mengenyangkan, Teman Traveler bisa menambahkan aneka lauk. Pilihannya beragam, mulai dari tahu bakso, tempe goreng, tahu goreng, perkedel, sate ayam, sate telur puyuh, sate ati ampela, sate usus, hingga sate kerang. Semua menggoda bukan?

Punya Lima Cabang di Semarang

Cabang Pudakpayung via Instagram.com/sotoayampakman

Dengan rasa yang sulit bikin lidah berhenti bergoyang, tak heran jika Soto Ayam Pak Man sudah memiliki lima cabang di Semarang. Teman Traveler tinggal pilih sesuai domisili. Selain di Jalan Purwosari Raya, soto yang cukup legendaris ini juga bisa ditemukan di Jalan Pamularsih Raya No.32, Jalan Veteran No.26, Jalan Tlogosari Raya I No.61 A, dan Jalan Perintis Kemerdekaan No.295.

Cukup Terjangkau

Nggak cukup seporsi (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Hingga tulisan ini diturunkan, semangkuk Soto Ayam Pak Man dipatok di kisaran Rp16.000. Mungkin cukup mahal bagi sebagian Teman Traveler, namun jangan khawatir. Harga yang kalian bayar bakal sebanding dengan kenikmatan dan pengalaman kuliner yang didapat.

Wah, pasti makin penasaran ya dengan cita rasa dan gurih segarnya Soto Ayam Pak Man. Jangan lupa masukkan destinasi kuliner ini dalam daftar perjalanan kalian ke Semarang ya.

Tags
Indonesia Jawa Tengah kontributor kuliner Semarang semarang Travelingyuk
Share