Soto Ayam Ambengan Pak Sadi, Resep Legendaris yang Pernah Raih Penghargaan Dunia

Advertisement

Surabaya yang memiliki cuaca yang cukup panas memang cocok jika dipadukan dengan kuliner yang segar-segar, seperti soto. Di kota metropolitan kedua di Indonesia ini, banyak soto populer dan legendaris yang kehadirannya telah meramaikan ranah perkulineran Nusantara. Salah satunya adalah Soto Ayam Ambengan Pak Sadi. Yuk kita kulik lebih mendalam.

Sejarah Soto Ambengan Pak Sadi

Soto Ambengan Pak Sadi, via Instagram/marvellicious_foodcourt
Soto Ambengan Pak Sadi, via Instagram/marvellicious_foodcourt

Pak Sadi mengawali bisninya dengan berjualan soto ayam keliling dengan menggunakan gerobak. Usaha ini dilakukannya sekitar tahun 1971 dan berjualan di Jl. Ambengan, karena itulah dijuluki sebagai ‘soto ayam Ambengan’. Ada naik turun perjuangan dalam menjalani bisnis kuliner. Kini, Soto Ayam Ambengan Pak Sadi telah menjadi salah satu kuliner legendaris di Surabaya.

Pernah Mendapatkan Penghargaan Dunia

Kuliner yang menyegarkan, via Instagram/kuliner_maknyus_sby
Kuliner yang menyegarkan, via Instagram/kuliner_maknyus_sby

Tak main-main, soto di Surabaya ini pada tahun 2013 yang lalu mendapatkan penghargaan bergengsi. Berada di deretan pertama kategori Street Food Masters of The Year pada World Street Food Congress 2013 yang berlangsung di Singapura. Makanan yang awalnya kaki lima di Surabaya ini mengalahkan ragam street food lainnya dari berbagai negara.

Tawarkan Menu Jawa Timuran dan Sekitarnya

Citarasa yang bikin ketagihan, via Instagram/duo_nyamnyam
Citarasa yang bikin ketagihan, via Instagram/duo_nyamnyam

Menu utama di tempat makan soto ayam ambengan Pak Sadi adalah kuliner Jawa Timur. Misalnya saja ada tahu campur, rujak cingur, soto Madura, soto ayam dan lain-lain. Ada pula makanan khas Tiongkok seperti angsio tahu, juga fu yung hai. Minumannya pun beragam. Seporsi soto akan ada irisan daging ayam, bihun, telur, dan tak ketinggalan juga irisan daun seledri plus kuah kunyit yang nikmat.

Lokasi Soto Ambengan Pak Sadi yang Legend

Cocok buat sarapan, via Instagram/vaniadwiastutii
Cocok buat sarapan, via Instagram/vaniadwiastutii

Soto Ayam Ambengan Pak Sadi berada di Jl. Ambengan No.3A, Ketabang, Genteng. Ada cabang lainnya yang bisa dikunjungi. Teman Traveler yang berada di Ibukota, bisa menuju Jl. Wolter Monginsidi No. 28, Jakarta Selatan untuk mencicipi kuliner satu ini. Satu porsi soto dipatok Rp20.000-an. Porsinya besar, kamu akan kenyang meski hanya membeli satu porsi saja.

Saat jalan-jalan ke Surabaya, pastikan untuk mencicipi Soto Ayam Ambengan Pak Sadi. Tangkal panasnya surabaya dengan kuliner Surabaya segar satu ini. Tertarik mencoba, kan?

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur kuliner surabaya Soto Ambengan Pak Sadi Surabaya
Share