Cicipi Soto AHRI, Kuliner Garut yang Istimewa

Advertisement

Jawa Barat memang salah satu destinasi liburan favorit, khususnya bagi warga Jakarta. Bandung dan Garut misalnya, sudah pasti dipadati pengunjung di akhir pekan, apalagi saat libur sekolah. Untuk kuliner, daerah tersebut memang juara. Rugi kalau tidak mencicipi setiap masakan khas yang kelezatannya sudah banyak dibicarakan. Salah satunya adalah Soto AHRI, kuliner wajib coba saat kamu berkunjung ke Garut. Seenak apa sih?

Resep dari Zaman Penjajahan

Soto Ahri Legendaris di Garut
Soto Ahri Legendaris di Garut [image source]
Soto Ahri berdiri sejak tahun 1943, berarti kini sudah 74 tahun warung ini berdiri. Selama itu juga usaha ini diteruskan turun temurun oleh anak dan cucunya. Meski sudah bukan Haji Ahri, namun penerusnya berusaha tidak mengubah apapun agar sotonya tetap seperti yang diingat para pelanggannya. Resepnya pun masih sama seperti yang dibuat penggagasnya. Yang menarik, dari rempah, kecap, hingga kerupuknya menggunakan hasil produksi Garut sendiri. Tidak ada yang impor, nih. Semangkuk soto nikmat ini hanya dibandrol kisaran 25 ribu rupiah. Segelas es teh bisa menutup santapanmu.

Resep turun temurun
Resep turun temurun [image source]

Rahasia Daging Empuknya

Soto Ahri menggunakan daging muda
Soto Ahri menggunakan daging muda [image source]
Soto Ahri dikenal sangat nikmat dengan daging super lembut dan juga kuah santan kuning yang mantap. Dari sendokan pertama, sudah terasa bumbu-bumbu yang tidak pelit dan rasa yang menyatu sempurna dengan dagingnya. Rupanya, rahasianya ada pada daging sapi muda yang digunakan warung ini. Daging tersebut direbus selama 3 jam, lalu didiamkan semalaman untuk mendapatkan kaldu yang kental. Kuah soto pun dimasak dengan menggunakan kayu kabar yang dipercaya dapat membuat kuah lebih harum.

Kuah sedap santan dan daging sapi empuk
Kuah sedap santan dan daging sapi empuk [image source]

Langganan Turun Temurun

Kini ada daging sapi dan ayam di SOto Ahri
Kini ada daging sapi dan ayam di Soto Ahri [image source]
Sejak berdiri, Soto Ahri sudah mendapat tempat di hati para penikmat kuliner Garut. Jika dulu hanya ada daging sapi, kini Soto Ahri sudah menyediakan pilihan daging ayam juga. Menurut kabar yang beredar, warung sederhana ini juga menjadi langganan para pejabat. Selain itu, banyak pengunjung yang dulunya diajak orang tuanya, kini menggandeng pasangan dan anak untuk turut menikmati kelezatan Soto Ahri. Salah satu cucu Haji Ahri ternyata juga membuka cabang di jalan Buah Batu, Bandung.

Dinikmati dengan kerupuk kulit
Dinikmati dengan kerupuk kulit [image source]

Hunting Foto di Alun-Alun dan Babancong

Babancong Ikon Garut
Babancong Ikon Garut [image source]
Kalau berniat mencicipi kuliner Garut legendaris yang satu ini, kamu harus berangkat pagi-pagi. Karena siang sedikit atau di atas jam 12 siang, kamu tidak akan kebagian. Menu ini cocok banget untuk sarapan sebelum keliling  objek wisata Garut. Berjarak hanya sekitar 7 menit dari warung utama yang ada di Jalan Mandalagiri, kamu sudah bisa melihat Alun-alun. Boleh nih hunting foto di sini dengan latar belakang Masjid Agungnya. Cukup jalan kaki dari masjid, ada Babancong. Ikon Garut berupa bangunan klasik yang katanya hanya ada 1 di Indonesia, lho.

Alun alun Garut dan Majdi Agung
Alun alun Garut dan Majdi Agung [image source]

Makan Malam Nikmat dengan Suasana Tradisional

Rumah Makan Cibiuk
Rumah Makan Cibiuk [image source]
Setelah puas jepret-jepret di Alun-alun dan juga Babancong yang merupakan warisan bersejarah, kamu juga bisa mencicipi beberapa kuliner lain yang berada tak jauh dari sini. Berjarak hanya sekitar 6 menit berkendara ada Rumah Makan Cibiuk yang kental dengan suasana tradisional. Tempat makan lesehan ini siap menyuguhkan pemandangan alami yang asri, dilengkapi dengan kolam ikan. Cocok untuk istirahat dan melepas lelah setelah berkeliling seharian. Di restoran ini juga menjual oleh-oleh, lho. Jadi tak perlu mampir-mampir lagi, deh.

Menu di RM Cibiuk
Menu di RM Cibiuk [image source
Nama Tempat : Soto Ahri Garut
Lokasi:
Jalan Mandalagiri, Garut
Jalan Cimanuk 297, Garut
Jalan Buah Batu, Bandung

Wah, Garut boleh juga nih dijadikan alternatif. Kabupatennya juga banyak menyimpan wisata seindah surga dan kuliner enak-enak. Bagaimana, siapa yang sudah mencoba Soto AHRI ni?

Advertisement
Tags
kuliner kuliner garut wisata garut
Share