Sop Ikan Paling Enak Se-Indonesia, Bikin Ngiler dan Pinter

Advertisement

Sebagai negara kepulauan, ikan merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang tak ternilai harganya. Selain menjadi sumber daya manusia, ikan adalah bahan utama dari berbagai kuliner tradisional yang super enak dan bergizi tinggi. Masakan asli tanah air memiliki banyak penggemar adalah sop ikan. Nah, di bawah ini adalah deretan sop ikan paling enak di Indonesia. Wajib dicoba salah satunya, nih!

Sop Ikan Legendaris RM Yong Kee, Batam

Sop Ikan Yong Kee
Sop Ikan Yong Kee [image source]
Sop ikan merupakan salah satu kuliner Batam yang menjadi daya tarik wisatawan untuk kembali. Tetangga Singapura ini memiliki deretan wisata yang memanjakan mata. Ada banyak pilihan hotel mewah di Batam, jadi jangan khawatir tidak bisa istirahat dengan nyaman. Namun yang terpenting, kalau sudah di sana, pastikan kamu mencicipi sop ikan di Rumah Makan Yong Kee yang berlokasi di Komp. Hup Seng Blok. A No. 5-8, Batam. Kuahnya yang bening dan segar langsung mengundang selera, ya.

Soup Ikan Yong Kee
Soup Ikan Yong Kee [image source]

Sowak, Sop Iwak Semarang

Sowak Sop Iwak
Sowak Sop Iwak [image source]
Punya rencana untuk liburan ke Semarang? Ibukota Jawa Tengah ini memiliki sejumlah daya tarik, di antaranya adalah wisata sejarah seperti Lawang Sewu yang antik dan cantik. Jangan lupa untuk mencicipi Lumpia asli kota ini, boleh juga untuk oleh-oleh. Ternyata ada lagi kuliner Semarang yang wajib dicoba, yaitu sop ikan. Kamu bisa mencicipi masakan satu ini di Sowak – Sop Iwak yang berlokasi di Jalan Banjarsari Selatan No.18. Ada masakan lainnya yang tak kalah enak untuk dicoba, salah satunya adalah Nasi Goreng Rempah. Ssst, harganya terkenal murah meriah.

Sop Ikan di Sowak
Sop Ikan di Sowak [image source]

Sop Kepala Ikan Mak Beng, Bali

Sop Ikan Mak Beng Bali
Sop Ikan Mak Beng Bali [image source]
Tak hanya memiliki ayam betutu yang super enak, Bali ternyata juga memiliki sop ikan yang dicari-cari. Saat traveling ke Pulau Dewata, tak ada salahnya mampir ke Jl. Hang Tuah No.45, Sanur Kaja, Denpasar dan mencicipi menu andalannya, yaitu sop ikan. Harganya murah meriah dengan lokasi yang sangat strategis, tepi Pantai Sanur. Jangan datang terlalu sore ya kalau tak mau kehabisan setelah antri cukup lama.

Sop Ikan Warung Mak Beng
Sop Ikan Warung Mak Beng [image source]

Sop Ikan RM Cahaya Lestari, Jakarta

Sop Ikan RM Cahaya Lestari
Sop Ikan RM Cahaya Lestari [image source]
Tak susah untuk menemukan makanan apapun di Ibukota, termasuk sop ikan. Yang paling terkenal dan sudah terbukti kelezatannya adalah masakan dari Rumah Makan Cahaya Lestari yang berlokasi di Jl. Jl. Boulevard Raya, Blok FV 1 No. 1, Kelapa Gading, Jakarta. Menu favorit di rumah makan ini memang sop ikan. Selain itu, Cahaya Lestari menyuguhkan berbagai makanan seafood dan Asia yang tak kalah enak lainnya. Disediakan juga ruangan khusus untuk meeting atau keluarga besar yang ingin mengadakan acara.

Sop Ikan di RM Cahaya Lestari
Sop Ikan di RM Cahaya Lestari [image source]

Sop Ikan Batam Kian Wee

Sop Ikan Kian Wee Pekanbaru
Sop Ikan Kian Wee Pekanbaru [image source]
Sop ikan paling enak juga bisa dicicipi di Pekanbaru. Saat traveling ke kota ini, pastikan menyempatkan diri untuk mampir ke Kian Wee yang berlokasi di Jln. Riau no 41APekanbaru 28155, menu sop ikan di sini adalah yang paling juara. Ada beragam sop yang bisa dicoba di sini, seperti sop telur ikan dan sop seafood lainnya. Yang hangat ini cocok banget untuk menyembuhkan sakit flu. Coba sendiri, ya!

Sop Ikan Batam Kian Wee
Sop Ikan Batam Kian Wee [image source]
Nah, bagi yang mengaku pecinta ikan wajib nih mencoba enak dan segarnya sop tradisional satu ini. Bagaimana, kamu sudah mencicipi yang mana?

Advertisement
Tags
Indonesia kuliner sop ikan paling enak
Share