5 Kuliner Sop Buntut di Surabaya, Enaknya Sungguh Menggoda

Sop Buntut merupakan makanan yang dipercaya berasal dari London. Namun, ada pula yang menyebut berasal dari China dan Amerika. Di Indonesia, kuliner ini berupa variasi sup yang dicampur dengan ekor sapi goreng/panggang. Meski terlihat berlemak, siapa sangka sangat difavoritkan di Kota Pahlawan. Kalau ke sana, kamu wajib coba. Berikut rekomendasinya.

1. Sop Buntut Ibu Henny

Sop Buntut Bu Henny
Sop Buntut Bu Henny [image source]
Kuliner yang sudah ada sejak abad ke-18 di Inggris satu ini berada di Jalan Ngagel Madya ini adalah cabang dari warung pusatnya di Jakarta. Kuah kaldu gurih dan daging sapinya yang empuk tetap bisa dirasakan meski berbeda tempat. Tak heran, jika jam makan siang tiba, warung yang terletak di Jalan Ngagel ini penuh sesak dengan pembeli. Untuk seporsi menu sop satu ini cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp20.000 sampai Rp25.000 saja.

 

Sop Buntut Bu Henny Surabaya
Sop Buntut Bu Henny Surabaya [image source]

2. Sop Buntut Gelora Pancasila

Sop Buntut Gelora Pancasila
Sop Buntut Gelora Pancasila [image source]
Warung ini terkenal handal dalam meracik sop buntut. Tidak seperti kedai lainnya yang berkuah sedikit pekat, sop buntut di Gelora Pancasila relatif bening. Tapi soal rasa, perpaduan rempah yang lengkap ini tetap menggelora seperti namanya. Racikan bumbu dari merica, pala dan cengkeh membuat kuah satu ini beda dengan sup lainnya. Terletak di Jalan Mayjend Sungkono Nomor 94 B, warung Gelora Pancasila buka dari jam 10 pagi sampai 10 siang. Bisa datang kapan saja nih!

Sop Buntut Gelora Pancasila Surabaya
Sop Buntut Gelora Pancasila Surabaya [image source]

3. Sop Buntut Jembatan Merah

Sop Buntut Jembatan Merah
Sop Buntut Jembatan Merah [image source]
Sop buntut pinggir kali, begitulah warga Surabaya menyebutnya. Warungnya sederhana, namun rasa dari sopnya bikin ketagihan. Dari daging, kuah segar hingga perasan jeruk nipisnya puas memanjakan perut. Menariknya, kamu bisa melihat ada bihun seperti bakso. Sementara porsinya sedang dan tidak membuat enek. Bagaimana, hanya dengan uang Rp25.000, kamu bisa menikmati kuliner satu bersama nasi putih.

Sop Buntut Jembatan Merah Surabaya
Sop Buntut Jembatan Merah Surabaya [image source]

4. Sop Buntut Genteng Durasim

Sop Buntut Genteng Durasim
Sop Buntut Genteng Durasim [image source]
Selain terkenal dengan rujak cingur-nya, menu favorit pembeli warung satu ini adalah sop buntut. Disajikan dengan daging yang empuk serta kuah pekat membuat warung Genteng Durasim ini ramai didatangi pembeli. Bertempat di Jalan Genteng Durasim nomor 29, warung ini buka dari jam 11 siang sampai 5 sore. Cocok nih, buat kamu yang bingung cari makan siang di Surabaya.

Sop Buntut Genteng Durasim Surabaya
Sop Buntut Genteng Durasim Surabaya [image source]

5. Depot Sari

Sup Buntut Depot Sari
Sup Buntut Depot Sari [image source]
Salah satu sop buntut yang cukup legendaris di Surabaya adalah Depot Sari. Kedai makanan ini buka sejak tahun 1930 dan menyediakan makanan otentik seperti rawon, sate sum-sum dan tentunya sop buntut. Kelezatan sop di sini cukup unik karena perpaduan rempah sangat pas. Sementara dagingnya empuk setelah di rebus cukup lama. Jadi tak mengherankan jika banyak pembeli yang mampir ke warung yang berada di Jalan Karet Nomor 12, Surabaya ini. Bahkan tak sedikit artis Ibukota yang berkunjung ke sini.

Sup Buntut Depot Sari Surabaya
Sup Buntut Depot Sari Surabaya [image source]
Melihat gambarnya saja sudah membuatmu ngiler? Selain enak, sop buntut juga dapat menjaga ketahanan tulang dan gigi karena mengandung fosfor dan kalsium. Makanya buruan datang ke Surabaya.

Tags
Indonesia Jawa Timur kuliner Surabaya
Share