Sompel Bu Karsani, Legenda Kuliner Tradisional Tulungagung

Bukan hal sulit mencari Sompel di Tulungagung. Kuliner khas ini banyak disajikan di warung-warung pinggir jalan. Namun jika mencari yang statusnya sudah legendaris, Teman Traveler bisa mampir ke Sompel Bu Karsani.

Sompel sendiri merupakan sajian hasil perpaduan dari lodeh sayur dan lontong. Panganan ini sangat populer di Tulungagung. Nah, jika penasaran ingin mencicipi Sompel Bu Karsani yang terkenal itu, Teman Traveler bisa langsung meluncur ke selatan kota.

Berada Dekat Candi Gayatri

Seporsi Sompel yang telah melegenda (c) Akbar Dedy/Travelingyuk

Sompel Bu Karsani terletak di Dusun Boyolangu, Desa Boyolangu, Kecamatan Boyolangu. Meski terlihat sederhana, warungnya sudah berdiri sejak 15 tahun silam. Wajib dikunjungi bagi Teman Traveler yang ingin mengenal lebih dekat kearifan kuliner Kota Marmer.

Lokasinya hanya berjarak 50 meter dari sisi timur komplek Candi Gayatri, petilasan bersejarah yang jadi persematan abu permaisuri Raja Pertama Majapahit, Gayatri. Warung ini buka tiap hari, mulai pukul 07.30 hingga 02.00.

Pedasnya Bikin Nagih

Bu Karsani, sedang meracik menu andalan (c) Akbar Dedy/Travelingyuk

Meski memiliki banyak saingan, sompel di Warung Bu Karsani tetap dinanti para penggemar setianya karena memiliki cita rasa khas yang
begitu kuat. Terlepas dari warungnya yang cukup sederhana, pengunjung seperti tiada henti berkunjung, dari pagi hingga dini hari.

Bu Karsani sendiri merupakan generasi ketiga usai neneknya mulai menjajakan sompel di depan rumah. Ia mendapatkan warisan resep rahasia dan tidak memasukkan bumbu neko-neko demi menjaga kepuasan pelanggan. Hasilnya, rasa asam dari kuah sayur lodeh berpadu pas dengan manis pedas sambal kacang yang bikin lidah ketagihan.

Rasanya terasa makin lengkap dengan beberapa elemen tambahan seperti rempeyek kedelai, tempe, serta rempah jagung. Jangan heran jika seporsi sompel tampak begitu padat. Begitu disantap, rasanya mengenyangkan dan membuat ketagihan.

Murah Meriah

Lodeh sedang dimasak (c) Akbar Dedy/Travelingyuk

Selain kenikmatan rasanya yang khas, sompel buatan Bu Karsani kerap diburu karena harganya murah meriah. Di sini Teman Traveler hanya perlu bermodal Rp5.000 untuk menebus seporsi sompel. Jika ingin memesan teh hangat atau kopi, cukup keluarkan budget antara Rp2.500 hingga Rp3.000. Dijamin anggaran kalian aman deh.

Selain menyajikan sompel, Warung Bu Karsani juga menyediakan menu pula nasi pecel seharga Rp5.000 per porsi. Bisa jadi alternatif bagi Teman Traveler yang kurang suka makanan berkuah.

Sangat Mudah Dicari

Siap layani pembeli hingga dini hari (c) Akbar Dedy/Travelingyuk

Teman Traveler tak perlu khawatir, mencari lokasi Sompel Bu Karsani bukan perkara sulit. Akses jalannya sangat mudah dan tidak berbelok-belok. Dari pertigaan utara Puskesmas Boyolangu dekat Koramil, kalian hanya perlu lurus ke arah barat (Jalan Gayatri), sejauh kurang lebih 500 meter.

Bagi Teman Traveler yang berencana mampir siang hari, dari arah kota kalian tinggal ambil jalur jalan raya menuju selatan. Carilah gapura bertuliskan Gayatri di sebelah barat. Berikutnya kalian tinggal lurus saja. Jangan lupa, warungnya agak masuk ke dalam.

Itulah sedikit pengalaman saya mencicipi Sompel Bu Karsani yang legendaris. Teman Traveler jangan lupa mampir jika sedang liburan ke Tulungagung ya.

Tags
kontributor Kuliner Tulungagung Travelingyuk Tulungagung
Share