Tips Pilih Akomodasi Buat Solo Traveler Perempuan, Harus yang Bagaimana, Ya?

Teman Traveler perempuan ada yang lebih nyaman solo traveling? Tentunya ada beberapa pertimbangan sebelum melakukannya. Seperti pilihan tempat menginap di tempat tujuan. Berikut Travelingyuk rangkum tips pilih akomodasi buat kamu para solo traveler perempuan. Supaya liburan lebih nyaman dan berkesan.

Akomodasi Lokal

Ilustrasi Akomodasi Lokal via Instagram @beauclowneyarchitects
Ilustrasi Akomodasi Lokal via Instagram @beauclowneyarchitects

Tips buat solo traveler perempuan selanjutnya adalah coba pertimbangkan memilih akomodasi lokal. Misalnya saja yang modelnya guest house atau homestay. Biasanya di tempat menginap semacam ini, staf bahkan empunya akan hafal dengan Teman Traveler. Cenderung lebih aman karena jiwa kepemilikan dan kekeluargaannya biasanya lebih erat.

Akomodasi ini umumnya dikelola oleh penduduk setempat. Nah Teman Traveler bisa ngobrol dengan mereka untuk rekomendasi wisata atau kuliner di sana. Supaya lebih kenal dengan budaya setempat.

Dapat Dijangkau dari Stasiun atau Terminal

Ilustrasi Dekat Stasiun atau Terminal via Instagram @yuiiium
Ilustrasi Dekat Stasiun atau Terminal via Instagram @yuiiium

Kalau kamu solo traveler perempuan, coba deh ikuti tips memilih akomodasi yang dekat dengan stasiun atau terminal dan dapat dijangkau dengan jalan kaki. Sekalipun harus ditempuh dengan kendaraan, setidaknya yang jaraknya tidak sampai berjam-jam. Hal tersebut tentunya memudahkan mobilitas Teman Traveler.

Dekat dengan Area Ramai

Ilustrasi Dekat Area Rame via Instagram @travellingfinns
Ilustrasi Dekat Area Rame via Instagram @travellingfinns

Salah satu cara yang bisa membuat liburan solo traveler perempuan lebih seru adalah memilih akomodasi yang dekat dengan area ramai, misalnya shopping street atau pusat kuliner. Jadi tidak perlu menghabiskan durasi perjalanan terlalu lama, kalau butuh belanja atau sekedar jalan-jalan.

Ketahui Bahasa yang Dikuasai Staf

Ilustrasi Ketahui Bahasanya via Instagram @inigo_roesli
Ilustrasi Ketahui Bahasanya via Instagram @inigo_roesli

Kalau Teman Traveler liburan di dalam negeri, sebagian besar pengelola dapat berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia. Nah traveling ke luar negeri bisa jadi PR, nih. Apalagi kalau bepergian ke negara yang tidak menggunakan Bahasa Inggris.

Ketika memilih akomodasi di sana, Teman Traveler sebaiknya mencari informasi tentang bahasa yang digunakan oleh stafnya. Biasanya tertera di akun booking hotel. Tapi kalau tidak ada, coba hubungi via email atau kontak lainnya. Tujuannya tentu untuk memudahkan komunikasi.

Jika mereka tidak menggunakan Bahasa Inggris, terdapat beberapa cara untuk mengatasinya. Misalnya mempelajari bahasanya, mengingat kalimat-kalimat umum yang sering digunakan di tempat menginap. Terlalu makan waktu? Ada jalan lain, kok! Selalu bawa handphone yang dilengkapi kamus dan aplikasi alih bahasa.

Booking via Aplikasi Kredibel

Ilustrasi Booking Melalui Aplikasi Kredibel via Pexels
Ilustrasi Booking Melalui Aplikasi Kredibel via Pexels

Tips memilih akomodasi yang tidak boleh dilewatkan adalah booking melalui aplikasi kredibel. Kalau tempat menginap yang dituju punya situs pemesanan sendiri, tentu lebih oke. Walau biasanya aplikasi pemesanan hotel biasanya suka banjir promo dan diskon. Pastikan saja terpercaya dengan membaca komen atau reviewnya.

Ngobrol dengan Traveler Lain

Ilustrasi Ngobrol dengan Traveler Lain via Instagram @loneta
Ilustrasi Ngobrol dengan Traveler Lain via Instagram @loneta

Kalau sudah nyaman di tempat menginap, Teman Traveler dapat berkenalan dengan banyak orang di sana. Siapa tahu bisa membangun hubungan berawal dari liburan. Bukan hanya hubungan romantis, loh. Mungkin saja bertemu calon kolega bisnis atau partner kolab buat vlog traveling.

Itulah setidaknya cara pilih akomodasi buat solo traveler perempuan. Tapi tentunya tips tersebut dapat diaplikasikan kepada seluruh Teman Traveler, loh. Jadi sudah siap liburan lagi?

Tags
Akomodasi Indonesia Solo Traveler Perempuan tips dan inspirasi
Share