Solo Batik Carnival 2019, Adu Mewah Kostum 11 Negara ASEAN

Solo, Jawa Tengah selama ini terkenal dengan berbagai kebudayaanya. Salah satunya yang begitu kondang tentu saja batik. Yup, Kampung Laweyan dan Kauman yang terdapat di Solo juga menjadi cermin warisan budaya yang tetap terjaga. Solo memang tak bisa jauh-jauh dari Batik. Karena itulah ada yang namanya gelaran Solo Batik Carnival (SBC). Apa yang menarik dari pagelaran ini?

Sejarah Singkat Solo Batik Carnival

Contoh kostum yang dikenakan, via Instagram/soloevent
Contoh kostum yang dikenakan, via Instagram/soloevent

Solo Batik Carnival merupakan perayaan tahunan yang sudah digelar sejak Juni 2018. Dalam ajang ini, para peserta mengenakan berbagai kostum bernuansa batik dengan tema-tema yang telah ditentukan panitia. Para peserta akan berjalan di catwalk yang telah disediakan. Event satu ini dicetuskan oleh Solo Center Point dan Pemerintah Kota Solo.

Tema yang Diangkat Solo Batik Carnival 2019

Akan ada 11 negara asia tenggara, via Instagram/soloevent
Akan ada 11 negara asia tenggara, via Instagram/soloevent

Dilansir dari Kompas.com, Susanto selaku Ketua Yayasan SBC menyebutkan, tema Solo Batik Carnival tahun 2019 ini adalah ‘Suvarna Bhumi the Golden of ASEAN’. Artinya adalah ‘Negara Emas’.

Megah dan cantik, via Instagram/soloevent
Megah dan cantik, via Instagram/soloevent

Dan lebih jauh lagi, Susanto menyebutkan gelaran SBC XII ini diibaratkan emas yang berharga dan banyak dicari orang. Diharapkan, adanya gelaran ini mampu menyedot lebih banyak pengunjung, tidak hanya dari Indonesia namun juga dari Asia Tenggara.

Peserta Gelaran Solo Batik Carnival 2019

Sudah tak sabar menyaksikkan, via Instagram/soloevent
Sudah tak sabar menyaksikkan, via Instagram/soloevent

Perhelatan SBC tahun 2019 akan diadakan pada 27 Juli 2019. Tempat penyelenggaraanya berangkat dari Stadion Sriwedari dan finish di Balai Kota. Di tahun ini, SBC akan digelar berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Para peserta akan memamerkan berbagai kostum yang mempresentasikan negara asal. Akan ada 11 negara Asia Tenggara yang dilibatkan. Mereka adalah,

  1. Indonesia, Wonderful Indonesia
  2. Filipina, Kay Ganda Philippines
  3. Malaysia, Truly Asia
  4. Myanmar, Be Anchented, Myyanmar
  5. Brunei Darussalam, The Greean Heart of Borneo
  6. Laos, Simply Beatiful Laos
  7. Vietnam, Times Charm, Vietnam
  8. Kamboja, Kingdom of Wonder Kambiodia
  9. Timor Leste, Being Fists Has Its Rewards
  10. Thailand, Amazing Thailand
  11. Singapura, Passion Made Passible

Buat Teman Traveler yang berencana jalan-jalan ke Solo, pagelaran tahunan satu ini bisa banget disasar ya. Jadi, pulang-pulang kamu bisa menjadi saksi eloknya batik dengan berbagai pesonanya.

Tags
SBC 2019 Solo Batik Carniva 2019 Solo Batik Carnival
Share