Soetjipto Coffee Mataram, Nongkrong Sambil Belajar Kopi Nusantara

Sidik Al-Anshori

Sidik Al-Anshori

On Indonesia
Suasana di Soetjipto Coffee Suasana di Soetjipto Coffee

Sebagai ibu kota Nusa Tenggara Barat, Mataram punya keunikan tersendiri. Meski wilayahnya tak terlalu luas, kota penting di Lombok ini punya banyak tempat asyik untuk tempat nongkrong bersama teman-teman.

Di Kecamatan Ampenan, Mataram, terdapat sebuah kedai kopi yang menyajikan berbagai olahan kopi Nusantara. Cocok untuk Teman Traveler pencinta kopi. Seperti apa keunikannya, berikut ulasannya.

Berawal dari Part Time

Soetjipto Coffe
Soetjipto Coffe via Instagram.com/soetjipto_coffee

Salah satu owner Soetjipto Coffee, Hardian Zulmi Kurnia, mengaku ide awal membuat kafe ini muncul ketika dirinya bekerja part time sebagai barista sembari kuliah di Jakarta.

Salah satu sudut Soetjipto Coffe sumber: Foto sendiri
Salah satu sudut kafe (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Menurutnya, respon masyarakat terhadap seni kopi mulai meningkat. Ia lantas memutuskan membuka usaha kopi sendiri di Lombok. Impiannya terjuwud pada Agustus 2017, ketika Soetjipto Coffee resmi diluncurkan di Mataram.

Tempat Mengenal Kopi Nusantara

Bar pembuatan kopi di Soetjipto Coffee
Bar pembuatan kopi (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Soetijpto Coffee merupakan sebuah kedai kopi yang menyediakan aneka kopi nusantara sebagai andalan. Selain kopi khas Lombok, aneka kopi Indonesia dapat Teman Traveler temukan di sini.

Selain tempat nongkrong asyik, kedai ini juga bisa bisa jadi tempat bagus untuk mengenal beragam jenis kopi dari seantero Nusantara. Hal tersebut konsisten dengan tagline-nya ‘kenal kopi di sini’. Soetjipto Coffee juga kerap mengadakan beragam kegiatan untuk menambah pengetahuan masyarakat tentang kopi.

Latte Art Unik & Menarik

Uniknya pembuatan Latte Art
Uniknya pembuatan latte art (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Salah satu daya tarik kedai kopi ini adalah coffee latte dengan latte art unik dan menarik. Barista di sini sudah terlatih membuat latte art dalam berbagai bentuk gambar, seperti angsa, bunga, dan motif unik lainnya. Wah unik sekali ya, sayang banget kalau diminum.

Coffel Latte di Soetjipto Cafe
Latte art dengan bentuk unik (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Seduh Kopi Sendiri

Seduh kopi sendiri di Soetjipto Coffe
Seduh kopi sendiri via Instagram.com/soetjipto_coffee

Selain disiapkan barista, Teman Traveler juga bisa menyeduh kopi sendiri di sini. Ada bar khusus bagi pengunjung yang ingin melakukan hal tersebut.

Suasana di Soetjipto Coffee
Suasna di Soetjipto Coffee (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Total ada 10 jenis beans atau biji kopi bisa dipilih di bar khusus, lima dari luar negeri dan lima dari tanaman kopi lokal. Bagaimana, penasaran ingin merasakan sensasi menyeduh kopi sendiri kan? 

Tersedia Menu Lainnya

Berbagai menu lainnya
Berbagai menu lainnya (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Selain berbagai varian kopi Nusantara, Soetjipto Coffee juga menyediakan beragam menu minuman lain. Kalian juga bisa memesan aneka sakian makanan menggugah selera. Menu-menu yang dijajakan antara lain egg waffle, chicken lollipop, katsu, dan masih banyak lagi.

Salah satu menu di Soetjipto Coffee
Salah satu menu makanan (c) Soetjipto Coffee

Soetjipto Coffee tentunya bisa jadi tempat pas untuk dikunjungi ketika perut tengah lapar. Teman Traveler bisa ngopi sambil mengerjakan tugas-tugas kantor di kedai ini. Apalagi desain indoor dan outdoor-nya sangat mendukung dan terasa nyaman untuk bekerja.

Itulah sedikit ulasan mengenai kedai Soetijpto Coffee. Selain bisa merasakan ikmatnya kopi dan lezatnya sederet makanan, Teman Traveler juga bisa memperdalam pengetahuan kopi khas nusantara di sini.

Kafe ini bisa jadi salah satu alternatif tempat nongkrong asyik ketika sedang berada di Lombok. Tertarik berkunjung? Datang saja ke Soetjiptpo Coofe di Jl. Adi Sucipto No. 99 A. Ampenan, Mataram.