Situ Gunung, Tempat Wisata Alam Pengusir Stress

Berada di kaki Gunung Gede Pangrango, Situ Gunung hadir sebagai pilihan tepat berwisata mengusir stress. Apalagi lokasinya berada tidak jauh dari kota-kota besar seperti Bandung, Bogor atau pun Jakarta. Untuk mendapatkan sensasi yang lebih maksimal, tinggal kemping saja pada akhir pekan.

Kalau lagi sumpek atau rindu dengan suasana tenang berkunjunglah ke kabupaten Sukabumi. Di sana ada sebuah tempat wisata alam dengan pemandangan yang menenteramkan yaitu Situ Gunung. Situ Gunung ini adalah tempat wisata berupa danau di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Situ Gunung, Sukabumi, via instagram
Situ Gunung, Sukabumi, via instagram

Tempat wisata ini menempati lahan di ketinggian 850 mdpl yang menyuplai udara sejuk bebas polusi. Lokasinya yang hanya berjarak sekitar 16 km dari pusat kota membuat tempat ini cukup mudah untuk dijangkau. Bahkan traveler yang berasal dari kota-kota di barat Sukabumi bisa menumpang kereta api Pangrango yang memiliki jurusan Bogor Paledang-Sukabumi-Cianjur.

Pemandangan di sekitar Situ Gunung, via instagram
Pemandangan di sekitar Situ Gunung, via instagram

Situ Gunung adalah salah satu tujuan wisata populer di Sukabumi. Tiket masuknya saja per orang Rp. 11 ribu, jika datang bersama rombongan minimal 10 orang harganya akan turun menjadi Rp. 8 ribu per kepala. Sedangkan kalau mau kemping tarifnya dihitung per hari, sekitar Rp. 12.500. Tarif tersebut berlaku untuk hari biasa, jika akhir pekan dan hari libur biayanya akan lebih mahal sekitar Rp. 2.500 per orang dari harga normal.

Tapi apa yang akan traveler dapatkan di tempat ini memang tidak bisa diukur dengan nominal uang. Traveler bisa bersantai dengan tenang di pinggir Situ Gunung sambil menikmati hamparan hutan pinus serta udara yang sejuk. Semua masalah akan sejenak terlupakan jika berlibur di danau ini. Apalagi tidak jauh dari danau terdapat air terjun keren.

Situ Gunung pas untuk digunakan refreshing, via instagram
Situ Gunung pas untuk digunakan refreshing, via instagram

Yap, buat yang suka bertualang atau suka dengan kegiatan outdoor cara terbaik menikmati Situ Gunung adalah dengan kemping. Bangun pagi mengabadikan potret Situ Gunung yang cantik disinari mentari pagi kemudian trekking ke tengah hutan menuju Curug Sawer yang tak kalah keren. Semua kesempurnaan alam bisa traveler temukan di Situ Gunung. Ayo rencanakan liburanmu ke tempat ini!

Tags
Gunung Gede Pangrango Situ Gunung Sukabumi
Share