Secantik Lukisan, Intip Indahnya Situ Gede di Bogor yang Bikin Jatuh Cinta

Bogor tak pernah gagal menarik perhatian wisatawan. Letaknya yang berada di ketinggian, membuat banyak destinasi cantik yang berpadu dengan keindahan alam. Termasuk Situ Gede, danau menawan yang keindahannya bak lukisan. Teman Traveler pun bakalan jatuh cinta setelah melihatnya. Penasaran seperti apa pesona dari wisata Bogor ini? Berikut ulasannya.

Danau Eksotis dengan Luas Berhektar-hektar

Sejarah danau sebelum jadi tempat wisata
Sejarah danau sebelum jadi tempat wisata via instagram/@buya14

Situ Gede terletak di Kelurahan Situgede, Bogor Barat, Jawa Barat. Tempat wisata ini juga sering disebut Danau Situ Ageng oleh masyarakat sekitar. Terletak di tepi Hutan Dramaga, Situ Gede memiliki luas hingga 6 hektar dengan kedalaman hingga 6 meter. Sebelum dijadikan tempat berwisata, danau ini merupakan area yang berfungsi sebagai penampungan air untuk mengairi sawah.

Unik dengan Makam di Tengah Danau

Makam di tengah danau
Makam di tengah danau via instagram/@dea.kariza

Di Situ Gede terdapat sebuah pulau kecil. Menariknya, di tengah pulau tersebut terdapat makam Eyang Prabudilaya yang merupakan tokoh penguasa yang melegenda. Makam tersebut didampingi pohon hijau yang menjulang tinggi. Pemandangan tersebut menciptakan keindahan yang luar biasa. Sekilas, Teman Traveler bakalan melihat panorama bak lukisan.

Menawan Kala Matahari Terbenam

Sunset cantik di Situ Gede
Sunset cantik di Situ Gede via instagram/@silvia_scraftlover

Pesona Situ Gede makin menawan ketika menjelang matahari terbenam. Telaga yang bisa dijadikan tempat memancing ini terlihat cantik dengan pantulan matahari serta langit berwarna jingga. Tempat untuk menikmati panorama tersebut banyak pilihannya.

Indahnya Situ Gede
Indahnya Situ Gede (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Ada gazebo dan taman yang nyaman untuk dijadikan tempat bersantai. Nah, di sudut lain ada area perkemahan untuk Teman Traveler yang ingin bermalam. Tentu saja harus izin terlebih dahulu kepada pengelola.

Akses Menuju Danau

Sudul lain dari danau Gede
Sudul lain dari danau Gede via instagram/@alexasupertramp

Selain menikmati matahari terbenam, ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan di sini. Seperti menaiki perahu keliling danau, memancing ikan hingga keliling hutan yang rimbun. Ada banyak tempat cantik yang bisa dijadikan spot untuk berfoto. Termasuk hutan rimbun yang terlihat menakjubkan. Nah, untuk sampai di sini, Teman Traveler hanya butuh waktu 25 menit dari pusat kota. Saat berlibur ke sini, sebaiknya gunakan kendaraan pribadi. Sudah ada parkir yang memadai, sehingga tak perlu khawatir.

Nah, itulah ulasan tentang Situ Gede di Bogor. Tempat wisata ini bisa menjadi rekomendasi untuk dikunjungi saat akhir pekan. Apalagi mengingat letaknya tak jauh dari ibukota. Selamat berlibur.

Tags
Bogor Indonesia Jawa Barat Wisata Bogor
Share