Cantiknya Situ Gede, Wajib Mampir Saat Pulkam ke Tasikmalaya

Rosita

Rosita

On Indonesia
Situ Gede sudah ada sejak zaman Belanda Situ Gede sudah ada sejak zaman Belanda

Lebaran segera tiba. Bagi para perantau, tradisi mudik tentu jadi amat didamba. Jika ada Teman Traveler yang pulang kampung ke Tasikmalaya, jangan lupa mampir ke Situ Gede ya. Kawasan luas nan asri ini merupakan salah satu objek wisata andalan setempat.

Bagi Teman Traveler yang terbiasa hidup dengan suasana padat ala kota besar, mencari suasana tenang di Situ Gede bisa jadi pilihan tepat. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Wisata Andalan Tasikmalaya

Objek wisata andalan Tasikmalaya (c) Rosita/Travelingyuk

Pulang ke Tasikmalaya, jangan sampai lewatkan mampir ke Situ Gede, objek wisata andalan seluas 47 hektar. Lokasinya berada di perbatasan antara Kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis.

Tempat ini populer lantaran tawarkan pemandangan indah, suasana tenang, dan lokasinya tak jauh dari pusat kota. Cukup berkendara kurang lebih 30 menit, Teman Traveler sudah bisa sampai di lokasi.

Akses jalan menuju tempat ini cukup mudah, apalagi Tasikmalaya dikenal sebagai kota transit. Ada banyak pilihan transportasi. Bagi Teman Traveler yang berasal dari sini, bisa pulang menggunakan kereta api, bus, hingga pesawat.

Sudah Ada Sejak Zaman Kolonial

Barisan perahu sewaan (c) Rosita/Travelingyuk

Lokasi tepat Situ Gede ada di Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi. Dalam bahasa Sunda, Situ berarti danau, sementara Gede bermakna besar atau luas. Danau ini konon sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Keindahan alamnya begitu memikat, hingga jadi tempat rekreasi favorit kala itu.

Satu lagi yang menarik dari danau ini adalah keberadaan sebuah pulau mungil di bagian tengahnya. Luasnya mencapai satu hektar, bisa Teman Traveler saksikan dari tepian danau. Di sana terdapat tiga makam yang konon menjadi asal mula munculnya Situ ini.

Suasana Asri Situ Gede

Suasana asri di sekitar danau (c) Rosita/Travelingyuk

Suasana asri nan sejuk, dilengkapi hembusan angin sepoi-sepoi, tentu membuat siapapun betah habiskan waktu di sini. Cukup bayar tiket masuk Rp4.000, Teman Traveler bisa nikmati keindahan Situ Gede sepuasnya. Agar makin seru, cobalah naik perahu sewaan dengan tarif Rp10.000 per orang.

Teman Traveler juga bisa bersantai di gazebo bambu yang sudah disediakan. Deretan warung makan milik warga pun siap memuaskan hasrat kulineran kalian. Salah satu menu andalan di sini adalah olahan ikan segar. Nikmatnya makin terasa jika dipadukan dengan es kelapa muda. Pantang dilewatkan ketika mampir ke sini.

Pulau di tengah danau, tampak dari kejauhan (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan mengenai Situ Gede, danau indah yang jadi wisata andalan Tasikmalaya. Jika Teman Traveler berencana pulang kampung ke sini, jangan lupa mampir ya. Dijamin bakal jadi pengalaman liburan menarik.