Situ Bagendit Garut, Danau Si Pelit yang Indah

Garut memiliki berbagai wisata alam yang bisa Teman Traveler kunjungi.
Mulai dari gunung, pantai, air terjun, kawah, hingga danau. Nah, di kawasan Banyuresmi ada sebuah danau yang kerap jadi destinasi liburan favorit warga sekitar. Danau yang punya legenda unik ini dikenal dengan nama Situ Bagendit. Seperti apa ceritanya?

Kisah Nyai Endit yang Pelit

Situ Bagendit (c) Listya Prabawa/Travelingyuk

Keberadaan Situ Bagendit dipercaya berawal dari seorang wanita kaya raya bernama Nyai Endit. Ia dikenal sangat pelit dan sikapnya kurang baik terhadap orang lain.

Suatu hari, datanglah seorang kakek pengemis ke rumah Nyai Endit. Seperti biasa ia enggan membantu sang kakek dan mengusirnya. Singkat cerita si kakek lantas menancapkan tongkatnya. Begitu dicabut, air memancar keluar hingga lama-kelamaan daerah tersebut terendam air.

Para warga lantas menyelamatkan diri, kecuali Nyai Endit yang tak mau kehilangan hartanya. Ia pun harus rela tenggelam bersama semua kekayaannya. Dari sinilah danau lantas diberi nama Situ Bagendit.

Mudah Ditemukan

Pintu masuk danau (c) Listya Prabawa/Travelingyuk

Situ Bagendit terletak di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Garut. Danau ini berada di pinggir jalan raya sehingga mudah ditemukan. Akses masuknya cukup murah, Teman Traveler hanya perlu bayar tiket senilai Rp7.500. Sementara untuk pengunjung anak-anak, cukup membayar Rp5.000 saja.

Asyiknya Menyusuri Danau Naik Rakit dan Bebek

Bebek air di sekitar Situ (c) Listya Prabawa/Travelingyuk

Teman Traveler bisa melihat rakit dan perahu bebek berjajar di sepanjang pinggir danau. Satu perahu bebek bisa menampung 2-3 orang, dengan harga sewa Rp20.000 per 15 atau 20 menit. Menggunakan kendaraan ini, kalian bisa bebas menjelajah area sekitar danau.

Asyiknya menyusuri kawasan sekitar danau (c) Listya Prabawa/Travelingyuk

Kekurangannya, kalian harus mengayuh sendiri. Jika angin sedang kencang, bakal cukup sulit untuk mengendalikan arah perahu bebek. Namun sebagai alternatif, kalian bisa menyewa rakit yang kapasitasnya lebih besar. Tarifnya sekitar Rp60.000 saja.

Pemandangan Indah di Sekitar

Danau dengan pemandangan pegunungan (c) Listya Prabawa/Travelingyuk

Selama berada di sini, Teman Traveler akan disuguhi pemandangan danau dengan latar belakang pegunungan Garut di kejauhan. Kalian bisa melihat gagahnya Gunung Guntur, Papandayan, Cikuray, dan lainnya. Semua seakan mengelilingi kawasan danau.

Jika sempat, sebaiknya Teman Traveler datang pagi-pagi, ketika wisatawan
belum terlalu ramai. Kalian bisa melihat indahnya langit ketika masih cerah. Selain itu udara sekitar bakal tak terasa terlalu panas.

Warung Terapung

Warung Terapung tampak dari kejauhan (c) Listya Prabawa/Travelingyuk

Di beberapa titik tengah danau terdapat sejumlah warung terapung.
Teman Traveler bisa singgah sejenak di sana untuk menikmati aneka makanan dan minuman. Salah satu yang patut dicoba adalah kelapa
muda.

Uniknya deretan warung tersebut juga sediakan tempat duduk berupa rakit-rakit yang dihubungkan dengan tempat makan. Jadi selain istirahat, Teman Traveler juga bisa berfoto-foto keren di atas rakit.

Melihat Serunya Warga Mencari Ikan

Warga sedang memancing ikan (c) Listya Prabawa/Travelingyuk

Jika beruntung, Teman Traveler akan berpapasan dengan warga sekitar yang sedang mencari ikan di danau. Mereka biasanya menggunakan alat tradisional dan rakit kecil. Sesekali mereka bakal tampak melempar jala untuk menangkap ikan.

Tempat Piknik Keluarga

Piknik asyik bareng keluarga (c) Listya Prabawa/Travelingyuk

Hal menarik lain yang bisa Teman Traveler lakukan di Situ Bagendit adalah piknik bersama teman maupun keluarga. Jika tak membawa tikar sendiri, kalian bisa menyewa saung dan tikar dari warga sekitar dengan harga Rp10.000 per jam.

Rasakan asyiknya duduk santai sambil menikmati pemandangan di pinggir danau. Bagi kalian yang membawa anak-anak, tersedia beberapa permainan seru seperti mewarnai di kanvas dan memancing ikan plastik di kolam kecil.

Berburu Oleh-oleh Khas

Salah satu oleh-oleh khas (c) Listya Prabawa/Travelingyuk

Situ Bagendit juga punya oleh-oleh khas lho Teman Traveler. Kalian bisa mendapatkannya di toko oleh-oleh yang berjajar di sepanjang pintu masuk dan dekat tempat parkir. Barang yang dijajakan biasanya adalah makanan khas seperti udang rebon dan olahan ikan-ikan kecil. Selain itu ada juga kerajinan berupa miniatur rakit, baju, dan lainnya.

Jika Teman Traveler ingin bersantai, Situ Bagendit bisa jadi pilihan tepat. Satu catatan penting, destinasi ini bakal akan sangat ramai ketika musim liburan tiba. Jadi sebaiknya pilih waktu tepat untuk berkunjung jika kalian sedang eksplor wisata Garut. Bagaimana, mau ajak siapa nih?

Tags
Garut kontributor situ bagendit garut Travelingyuk wisata garut
Share