Siomay Mang Dede yang Legendaris di Bekasi, Resep Gabungan Bikin Ketagihan

Jika sedang jalan-jalan di sekitaran Bekasi, ada salah satu rekomendasi makanan yang bisa untuk dicicipi. Namanya adalah Siomay Mang Dede yang begitu melegenda. Siomay memang bukan makanan asli Indonesia, namun keberadaaanya sudah meramaikan khazanah perkulineran Tanah Air. Yuk kita bahas lebih mendalam kenapa Siomay Mang Dede bisa bertahan lama seperti sekarang.

Siomay Mang Dede Sudah Ada Sejak Tahun 2000-an

Siomay Mang Dede, via Instagram/bekasifood
Siomay Mang Dede, via Instagram/bekasifood

Siomay Mang Dede merupakan salah satu pilihan kuliner legendaris di Bekasi. Tempat kuliner ini telah beroperasi sejak tahun 2000-an, telah beroperasi selama belasan tahun. Perintis tempat makan ini adalah Dede Suhana dan istrinya. Dari yang awalnya merupakan usaha kecil, hingga kini memiliki puluhan karyawan yang dipekerjakan, Siomay Mang Dede ini memiliki ciri khas tersendiri.

Rahasia Kelezatan Siomay Mang Dede yang Melegenda

Kualitas istimewa bikin tergila-gila, via Instagram/riderkulineran
Kualitas istimewa bikin tergila-gila, via Instagram/riderkulineran

Untuk mendapatkan cita rasa siomay yang yang menggugah selera, mang Dede begitu konsisten menjaga racikan resepnya. Tepung yang digunakan berasal dari Bandung. Karena menurut Dede, tepung yang berada di sekitaran lokasi tinggalnya tidak sama.

Ditambah lagi ikan tenggiri yang dipilih adalah yang memiliki bobot 1,5 kg sampai dengan 2,5 kg saja. Jika kurang dari itu rasanya terlalu ringan, gurihnya tidak terasa. Sementara jika terlalu besar, dagingnya akan terasa lebih kasar. Karena itulah, Dede telah memiliki langganan penjual ikan tenggiri.

Es Sekoteng atau Es Oyen, via Instagram/tukangjajanmalam
Es Sekoteng atau Es Oyen, via Instagram/tukangjajanmalam

Satu lagi rahasianya, yakni menggabungkan 2 cara membuat siomay. Mang Dede menggunakan gula merah dan gula putih dalam pembuatannya. Karena menurutnya, keduanya memiliki cita rasa yang berbeda. Karena itulah siomay buatan Dede memiliki rasa yang nikmat. Dari masyarakat biasa, tokoh, selebritis hingga pejabat mampir ke sini.

Pemilihan cabe kualitas super juga tambah membuat siomay di sini memiliki pedas yang bikin puas. Untuk menjaga kulitas, kacang sangrai diolah sendiri dari awal karena kematangan kacang sangrai juga menentukan rasanya. Untuk tepung sagu bahan pembuatannya juga didatangkan langsung dari pabrik, untuk menjaga tekstur.

Alamat dari Siomay Mang Dede

Dua menu utama, via Instagram/siomaymangdedebintaro
Dua menu utama, via Instagram/siomaymangdedebintaro

Di sini menjual dua menu utama yang bikin banyak orang kembali berdatangan, yakni es sekoteng khas Bandung dan siomay. Dalam seporsi siomay akan ada tahu, kol, telur, siomay, dan juga kentang. Alamat Siomay Mang Dede ini berada di Ruko Dukuh Zamrud Raya Blok N No. 12, Bekasi dan depan Indomaret, Kemang Pratama, Bekasi. Untuk harganya di bawah Rp20.000.

Jika sedang ngidam banget dengan siomay, tempat ini bisa menjadi jujukan. Rasanya begitu nikmat dan harganya juga bersahabat. Bagaimana Teman Traveler, ngiler ingin mencoba kan?

Tags
Bekasi Indonesia kuliner bekasi siomay mang dede
Share