Festival Kuliner dan Mendem Duren 2018, Siap-siap ‘Mabuk’ saat Liburan Akhir Tahun

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Indonesia
Acara Mendem Duren 2018 Singosari Malang

Durian memang buah yang punya rasa unik, manis legit tapi seperti buah fermentasi. Ada yang suka banget sampai ketagihan, sebagian malah mencium aromanya saja sudah tidak kuat. Nah sebentar lagi akan diadakan event yang dijamin bikin happy pecinta durian. Festival Kuliner Singosari dan Mendem Duren 2018. Simak ulasan berikut kalau nggak mau ketinggalan acaranya ya.

Festival Kuliner dan Mendem Duren 2018

Festival Kuliner Singosari dan Mendem Duren via Instagram @eventmalang
Festival Kuliner Singosari dan Mendem Duren via Instagram @eventmalang

Festival Kuliner dan Mendem Duren 2018 akan diselenggarakan di halaman gedung Pusat Kerajinan Kendedes, tepatnya seberang pasar Singosari. Mudah sekali menemukan tempatnya, karena berada di pinggir jalan raya protokol Malang menuju Surabaya. Tidak tanggung-tanggung, acara ini berlangsung selama 5 hari, 20-25 Desember 2018. Pecinta durian siap-siap saja melipir ke lokasi acara mulai pukul 10 pagi.

Duren dari Kabupaten Malang Nggak Kalah Legit

Durian Ngantang via Instagram @klinik_duren
Durian Ngantang via Instagram @klinik_duren

Indonesia bisa dibilang sebagai surganya durian, berbagai daerah menghasilkan buah beraroma menyengat ini. Sebut saja Riau, Medan, Trenggalek, dan tentu saja kabupaten Malang. Beberapa kecamatan penghasil durian di kabupaten Malang yaitu Wagir, Ngantang, dan Kasembon. Masing-masing memiliki keistimewaan tersendiri.

Kebun Duren Wagir via Instagram @nurudinwriter
Ilustrasi Wisata Petik Durian via Instagram @nurudinwriter

Misalnya durian Ngantang yang disebut juga durian Jingga. Dagingnya bertekstur tebal berwarna jingga, serta bercitarasa manis legit plus terasa agak kesat di mulut. Saat musim durian bisa ditemukan dijajakan sepanjang Waduk Selorejo. Sementara di Wagir, terdapat wisata petik buah durian. Bisa jadi pengalaman yang tidak terlupakan nih.

Puaskan Eksplor Durian di 40an Stan

Ilustrasi Stan Durian via Instagram @dackirana
Ilustrasi Stan Durian via Instagram @dackirana

Puaskan menjajal beragam durian di Festival Kuliner dan Mendem Duren 2018. Disediakan sekitar 40 stan durian, berjumlah kira-kira 1000 buah. Teman Traveler bisa makan sepuasnya bayar sepantasnya, seperti slogan acara ini. Bazar ini pun akan menghadirkan durian dari daerah luar Malang seperti Banyuwangi, Jember, Lumajang, Bondowoso, Probolinggo, Pasuruan, serta Bali.

Sempatkan Mampir ke Wisata Singosari

Kenali Situs Candi Singosari via Instagram @za_yin
Kenali Situs Candi Singosari via Instagram @za_yin

Teman Traveler yang singgah di Festival Kuliner dan Mendem Durian 2018, dapat sekalian mampir ke deretan wisata Malang yang tak membosankan. Singgah ke Candi Singosari, sekalian kulineran di Bakso Mercon Cak Kar. Keduanya berjarak sekitar 2 kilometer saja dari lokasi acara. Teman Traveler hanya perlu berkendara selama 5 menitan.

Icip Pedasnya Bakso Mercon via Instagram @baksomerconcakkar01
Icip Pedasnya Bakso Mercon via Instagram @baksomerconcakkar01

Alternatif lain adalah bermain air di Hawai Waterpark. Tersedia beragam wahana seperti kolam tsunami, Twister Robotic yaitu virtual reality dengan film 10 dimensi, wahana air anak, dan lainnya. Tiket masuknya sekitar Rp75 ribuan saat weekdays, Rp100 ribuan untuk weekend.

Main Air di Hawai Waterpark via Instagram @hawaiwaterpark
Main Air di Hawai Waterpark via Instagram @hawaiwaterpark

Siapkan perut untuk menyantap durian sepuasnya di Festival Kuliner dan Mendem Duren 2018. Sekaligus manfaatkan berwisata di Singosari. Adakah Teman Traveler di Malang akan datang ke event tersebut?