Short Trip ke Jepara Saat Long Weekend, Berasa ke Switzerland

Jepara tenar sebagai daerah penghasil ukiran dan berbagai kerajinan dari kayu. Banyak orang yang jauh-jauh datang ke sini untuk memilih sendiri perabotan pengisi rumah mereka. Dari kursi, meja, hingga tempat tidur. Letaknya yang berada di pesisir utara, membuat Jepara jadi lokasi yang ramai sebagai pusat perekonomian. Di samping hiruk pikuk suasana di kota yang berbatasan dengan Pati dan Kudus itu, ada sisi lain yang sangat mengagumkan dan bisa memanjakan mata.

Ada hamparan alam yang hijau dengan bukit serta gunung menjulang tinggi. Untuk liburan akhir pekan nanti, kamu bisa mendatanginya dan membuktikan dengan mata kepala sendiri Jepara yang kerennya seperti negara Swiss. Kota pesisir, tapi memiliki udara yang sejuk. Travelingyuk sudah menghimpun beberapa destinasi untuk santai di Jepara long weekend nanti. Selamat menyimak.

1. Desa Jugo

Desa Jugo [image source]
Ada sebuah bukit di Desa Jugo yang bisa dijadikan spot melihat pemandangan alam istimewa di Jepara. Memang untuk sampai di titik ini, kamu harus melewati jalan setapak dan persawahan. Jangan ragu untuk melangkah meski lelah berkali-kali menyapa. Terkadang, untuk mendapatkan sesuatu yang indah dan spesial, harus berkorban terlebih dahulu. Dalam hal ini, kamu harus rela mengeluarkan tenaga. Kamu bisa mendatangi pemukiman terdekat dan melihat bagaimana kehidupan para petani di sana.

Lokasi : Desa Jugo, Kecamatan Donorejo. Jepara

2. Desa Clering

Clering [image source]
Jepara salah satu daerah yang strategis dan memiliki berbagai potensi, termasuk pariwisata. Sebuah tempat yang indah nggak harus berupa taman bermain, pantai atau pegunungan dengan villa-villa mewah. Lahan untuk menyambung hidup berupa kawasan pertanian seperti ini bisa banget bikin kamu terpesona. Berdirilah dan pasangan mata untuk melihat padi yang mulai menguning sambil merasakan terpaan angin yang berhembus dari gunung.
Lokasi : Desa Clering, Kecamatan Donorojo

3. Batealit

Batealit
Batealit [image source]
Batealit juga memiliki area persawahan yang menawan. Terasiringnya membentuk pola dan bersanding dalam keserasian. Di sekelilingnya terdapat bukit hijau yang nampak bagai dinding besar. Di tempat ini pula kamu bisa menemukan Air terjun bernama Grojogan pasir Batu. Ada juga Air Terjun Nongko Pace di Desa Sumosari. Letaknya masih ada di pedalaman maka kamu harus melewati jalan setapak dan rimbunnya hutan untuk bisa merasakan derasnya air terjun Nongko Pace yang mengalir dari ketinggian.

Lokasi : Kecamatan batealit, Jepara

4. Air Terjun Songgo Langit

Air Terjun Songgo Langit [image source]
Air Terjun Songgo Langit berada di bagian utara Jepara. Untuk sampai di tempat ini, kamu harus menempuh perjalanan selama satu jam dari pusat kota Jepara menuju Kecamatan Kembang. Nggak perlu khawatir tersesat setelah masuk Kecamatan Kembang, karena papan petunjuk arah sudah terpasang di banyak titik. Ketinggian Air terjun Songgo Langit mencapai 8 meter dengan lebar sekitar 2 meter. Saat musim hujan debit airnya meningkat, kamu harus berhati-hati.

Lokasi : Dukuh Ngelencer, Desa Bucu, Kecamatan Kembang, Jepara

5. Bukit Kapur Desa Banyamis

Desa Banyuamis [image source]
Wisata bukit kapur yang menyuguhkan tebing-tebing berwarna putih sekarang ini lagi hits di kalangan generasi kekinian. Jepara juga punya area tambang-tambang kapur yang pas dijadikan latar belakang foto. Di beberapa titik juga ada kubangan-kubangan membentuk danau mini dengan air berwarna kehijauan. Jika dilihat dari ketinggian, letak bukit kapurnya berdekatan dengan bukit yang hijau penuh pepohonan, Terhubung dengan area persawahan.

Lokasi : Desa Banyuamis Kecamatan Donorejo

6. Hutan Pinus Sreni

Hutan Sreni [image source]
Santai dan berbaring di atas hammock saat ini lagi ngetrend, dan lokasinya harus cantik serta teduh. Di Jepara ada yang seperti itu yaitu hutan Pinus Sreni atau sebutan lainnya adalah Sreni Indah. Berada di sebuah kawasan yang berjarak 35 km dari pusat Jepara. Sebenarnya Sreni adalah Hutan Lindung di lereng Gunung Muria. Pihak pengelolanya melihat ada keindahan alam yang berpotensi jadi tempat wisata, maka pemerintah setempat akhirnya menyulap Hutan Sreni jadi tempat piknik yang asyik, bahkan kamu juga bisa melihat matahari terbit dari sini.

Lokasi : Desa Bategede Kecamatan Nalumsari.

Itulah beberapa destinasi jika kamu ingin melakukan short trip ke Jepara, Namun jika waktu luangmu lebih banyak bisa mengunjungi Taman Nasional Karimunjawa yang terkenal dengan pesona baharinya itu.

Tags
Explore Jepara Jepara traveling jepara wisata jepara
Share