#SetorFotoPolusi di Jakarta Trending, Ibu Kota Siaga Masker!

Instagram belakangan tengah diwarnai trending tagar #setorfotopolusi, diiringi unggahan gambar yang memperlihatkan buruknya kondisi udara Jakarta. Memang, sudah jadi rahasia umum bahwa ibu kota miliki tingkat polusi yang lumayan memprihatinkan. Banyaknya kendaraan, aktivitas industri, dan kegiatan lain makin memperparah kondisi ini.

Berdasarkan studi Greenpeace dan IQ Visual yang dipublikasikan pada Selasa (5/3/2019), Jakarta menempati urutan pertama kota paling berpolusi udara di Asia Tenggara. Tak mengherankan jika tagar #setorfotopolusi akhirnya trending Instagram. Yuk, kita intip foto-fotonya.

1. Kondisi Jakarta Berselimut Polusi

Jakarta diserbu polusi, via Instagram/live_love_hope_let_live
Jakarta diserbu polusi, via Instagram/live_love_hope_let_live

Dalam urutan kota dengan kualitas udara terburuk dunia, Jakarta menempati urutan ke-161. Disebutkan rata-rata kualitas udara harian di Ibu Kota dengan indikator PM 2.5 di tahun 2018 adalah 45,3 mikrogram per meter kubik udara.

2. Jakarta Memiliki Kualitas Udara Buruk

Jarak pandang terhalang, via Instagram/bernyawalive
Jarak pandang terhalang, via Instagram/bernyawalive

Menurut World Health Organization (WHO), pedoman kualitas udara harian adalah rata-rata sebanyak 25 mikrogram per meter kubik udara. Dengan demikian, Jakarta dua kali lipat lebih buruk dari batas aman dan sehat yang ditetapkan badan kesehatan dunia tersebut.

3. Penyebab Terbesar Polusi Udara di Jakarta

Udara tak sehat yang terlihat jelas, via Instagram/domhall_nz
Udara tak sehat yang terlihat jelas, via Instagram/domhall_nz

Buruknya kualitas udara di Ibu Kota disebabkan banyak hal. Namun menurut kesimpulan Leonard Simanjuntak, Kepala Greenpeace Indonesia, penyebab utama polusi di Jakarta adalah emisi kendaraan bermotor yang kian meningkat tiap tahunnya.

4. Tips Jalan-jalan ke Ibu Kota

Sunrise yang bikin patah hati, via Instagram/goinggreeninjakarta
Sunrise yang bikin patah hati, via Instagram/goinggreeninjakarta

Dengan kualitas udara yang terbilang buruk, tentu saja Teman Traveler yang hendak jalan-jalan ke Jakarta perlu siap sedia. Misalnya saja memakai masker saat berada di luar ruangan. Tak bisa dipungkiri, udara berkualitas buruk akan mempengaruhi kesehatan paru-paru dan pernafasan.

5. Jakarta Terlihat dari Udara

Ibu Kota dari udara, via Instagram/chatadasustentabilidade
Ibu Kota dari udara, via Instagram/chatadasustentabilidade

Polusi udara di Jakarta bisa terlihat dengan jelas dari udara. Lihat saja potret di atas. Ibu Kota nampak diselimuti lapisan kabut yang membatasi jarak pandang. Foto ini hanya satu dari sekian banyak gambar yang diunggah menggunakan tagar #setorfotopolusi di Instagram.

Maka dari itu, Teman Traveler, sebagai generasi muda kita perlu turut berperan serta mengurangi polusi. Salah satunya dengan lebih memilih menggunakan alat transportasi umum.

FYI, baru-baru ini Jakarta dianugerahi Honorable Mention dan menduduki tiga kota terbaik di dunia untuk perbaikan sistem transportasi dan mobilitas. Penghormatan ini diberikan di ajang Sustainable Transport Award 2020, yang diumumkan di Fortazela, Brazil. Jadi, nggak ada salahnya naik kendaraan umum, kan?

Tags
#SetorFotoPolusi Indonesia Jakarta kondisi utara jakarta
Share