Sendai Daikannon, Patung di Jepang yang Tampak Melayang dari Jalanan

Advertisement

Saat traveling ke Jepang, apa sih hal yang paling ingin kamu saksikan? Apakah bunga sakura, hangout di jalan Harajuku, melihat Jepang dari ketinggian di Tokyo Tower, atau pergi ke Disneyland? Negeri Matahari Terbit ini memang punya banyak sekali hal menarik, unik, hingga aneh untuk dieksplor.

Salah satu yang tak kalah menarik ada di Sendai, Miyagi. Ketika berkunjung ke sini, kamu akan merasa diawasi oleh sesuatu yang sangat besar. Ini adalah Sendai Tendou Byakue Daikannon atau lebih populer dengan sebutan Sendai Daikannon. Apakah itu?

Salah Satu Patung Terbesar di Dunia

Foto via Instagram charisseo_

Sendai Daikannon ini memiliki tinggi yang cukup menarik, yaitu 100 meter dan berlokasi di atas bukit kecil. Tak heran, kalau patung ini bisa dilihat dari segala penjuru kota Sendai. Patung Buddha ini merupakan yang tertinggi kedua di Jepang. Di tingkat internasional, Sendai Daikannon tujuh meter (23 kaki) lebih tinggi dari ikon terkenal New York, Patung Liberty.

Sejarah Patung Sendai Daikonnan

Foto via Instagram agajelekk_

Patung Buddha ini dibangun pada tahun 1991 sebagai simbol perdamaian dunia dan perlindungan bagi Sendai. Kenapa 100 meter? Karena pada tahun 1989, Kota Sendai merayakan 100 tahun pemerintahan kotamadya. Patung itu dibangun menghadap ke arah Stasiun Sendai di Jalur JR, agar terlihat seolah-olah sedang mengawasi jalan-jalan Sendai dari atas.

Filosofi Patung Sendai Daikonnan

Foto via Instagram zushi.planet

Patung ini dibuat sebagai simbol perdamaian dunia dan perlindungan bagi Sendai. Ada beberapa elemen yang menarik di patung Sendai Daikonnan, di antaranya cintamani yang ada di tangan kanan patung. Ini adalah permata pengabul semua keinginan. Ada juga kendi dengan air kebijaksanaan di kirinya. Mulut kendi itu mengarah ke jalan-jalan di bawah untuk memberkati penduduk di sana. Wajah patung diatur dalam senyum lembut yang dimaksudkan untuk memberikan orang-orang yang melihatnya rasa damai.

Tur di Sendai Daikonnan

Foto via Instagram nihon_explorer_hk

Kamu dapat membeli tiket untuk tur 12 lantai di dalam Sendai Daikannon. Pintu masuk patung berbentuk mulut naga yang terbuka, melambangkan keberuntungan. Saat melangkah ke lantai pertama, akan ada 33 patung Sanj?san Kannon, bersama dengan J?nishinsh??, atau 12 dewa zodiak China. Kamu dapat mengelilingi lantai pertama dalam lingkaran, melihat pameran, lalu naik lift ke lantai atas. Pameran di setiap lantai bisa kamu nikmati sambil menuruni tangga seperti spiral.

Cukup menarik ya patung Sendai Daikonnan ini? Kalau ada kesempatan untuk liburan ke Jepang, kamu bisa mengunjungi Miyagi, khususnya ke kota Sendai untuk lihat langsung (atau dilihat?) oleh patung raksasa ini ya.

Advertisement
Tags
Patung Tertinggi patung unik Sendai Daikannon wisata jepang
Share