Selamat Hari Kartini! Ini Dia Wanita Inspiratif dan Pemberani Indonesia yang Mengukir Prestasi Internasional

Selamat Hari Kartini! Informasi berikut ini berkisah tentang wanita inspiratif dan pemberani Indonesia yang mengukir prestasi internasional. Mereka menjadi bukti bahwa semangat Kartini selalu ada.

Hal yang selama ini diragukan bisa dilakukan oleh wanita, dibuktikan oleh mereka. Salah satunya bahkan lolos ujian seleksi ketat NASA lho! Siapa saja wanita hebat tersebut? Berikut ulasannya!

Dimitri Inkiriwang dan Mathilda Dwi Lestari, Wanita Pemberani Taklukkan Seven Summit

Dua Wanita Hebat Menaklukan Seven Summit via Instagram/mathilda_dwi

Tergabung dalam tim The Women of Indonesia’s Seven Summits Expedition Mahitala Unpar, Dimitri Inkiriwang dan Mathilda Dwi Lestari berhasil memuncaki Gunung Everest pada 17 Mei 2018. Keberhasilan kedua wanita pemberani ini sekaligus menjadi sejarah bagi Asia Tenggara.

Keberaniannya Semoga Dapat Menginspirasi via Instagram/mathilda_dwi

Pasalnya, Dimitri dan Mathilda merupakan wanita pertama di kawasan Asia Tenggara yang berhasil melakukan hal penuh risiko tersebut. Sesampainya di puncak Everest, keduanya mengibarkan bendera Merah Putih.

Dituturkan salah satunya, pendakian ke puncak-puncak tertinggi dunia tersebut dipersembahkan untuk persatuan bangsa. Prestasi membanggakan keduanya bahkan mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo.

Naila Novaranti, Pelatih Terjun Payung di 46 Negara

Belajar Berani dari Naila Novaranti via Instagram/infobalinews

Dimulai 2009, Naila Novaranti mulai memberanikan diri mencoba skydiving. Hal yang baru ini tidak menyurutkan semangatnya untuk terus mencoba. Hingga akhirnya, wanita inspiratif ini berhasil bergabung bersama tim Skydiving Simba.

Pecahkan Rekor Terjun dari 25.000 Kaki via Istimewa

Naila menjadi satu-satunya perempuan Indonesia yang aktif dan rutin mengikuti kejuaraan skydiving dunia. Prestasinya bukan hanya itu, Naila juga melatih anggota Kopassus dan menjadi pelatih terjun payung di 46 negara.

Tri Suswati Tito Karnavian, Memimpin Ratusan Penyelam Wanita

Tri Suswati Saat Mendampingi Suami via Instagram/titokarnavianfans

Tahun lalu, tepatnya 11 Agustus 2018, Tri Suswati Tito Karnavian berhasil memimpin penyelaman yang dilakukan oleh ratusan penyelam wanita. Sebagai Ketua Wanita Selam Indonesia, Tri Suswati memegang komando terhadap pembentangan bendera Merah Putih raksasa sepanjang 500 meter di bawah laut Kawasan Mega Mas.

WASI Akan Kembali Pecahkan Rekor Selam via Istimewa

Menurut Jaya Suprana, pendiri MURI, penyelaman yang dipimpin Tri tersebut sekaligus merupakan penyelaman massal wanita terbanyak di dunia. Aksi yang membutuhkan nyali dan skill itu dinilai bukan hanya memecahkan rekor Indonesia melainkan juga dunia. Total penyelam wanita yang turut dalam aksi tersebut berjumlah kurang lebih 930 orang. Luar biasa!

Pratiwi Sudarmono, Astronot Wanita Pertama di Indonesia

Pratiwi Sudarmono, Astronot Wanita Pertama Indonesia via Istimewa

Pada 1985 lalu, Pratiwi Sudarmono berhasil lolos melewati seleksi yang ketat dari NASA untuk mengemban misi mereka. Wanita inspiratif kelahiran 1952 ini masuk dalam tim yang akan melaksanakan misi Space Shuttle STS 61-H sebagai Payload Specialist. Selain itu, Pratiwi Sudarmono juga bertugas untuk menerbangkan satelit komersil Palapa B-3 ketika itu.

Semangat Pratiwi Sudarmono Menginspirasi via Instagram/mirantioo

Meski tidak sempat pergi ke luar angka karena insiden Challenger STS-51-L yang meledak, Pratiwi membuktikan bahwa wanita Indonesia juga punya kemampuan sehingga dapat memenuhi standar ketat yang ditetapkan oleh NASA. Sebuah semangat dan prestasi dari wanita inspiratif yang patut dibanggakan. Setuju, kan?

Selamat Hari Kartini bukan sekadar ucapan dalam perayaan hari kelahiran R.A Kartini setiap tahunnya. Ia sekaligus upaya mendorong wanita Indonesia untuk semakin berani dan menginspirasi. Termasuk di bidang traveling, lho. Sudah siap menjadi Kartini masa kini?

Tags
Indonesia selamat hari kartini tips dan inspirasi wanita indonesia
Share