Selain Mekah, Hujan Es Pernah Terjadi di Indonesia

Hujan es bisa saja terjadi saat musim pancaroba atau peralihan. Melansir dari berbagai sumber, hujan es terjadi karena kondensasi di atmosfer melewati batas level super beku. Fenomena ini biasanya ditandai dengan suhu udara akan terasa sangat panas pada malam, sampai pagi hari. Selain heboh di Mekkah, perlu kamu tahu kalau hujan es juga pernah melanda beberapa kota di Indonesia berikut ini. Di mana saja, ya?

1. Aceh

Hujan Es Aceh via Instagram/@kopi_gayo_takengon

Aceh mengalami hujan es di 5 desa. Yaitu di Kecamatan Jagong Jeget, Kabupaten Aceh Tengah. Lima desa tersebut meliputi Paya Dedep, Paya Tungel, Jeget Ayu, Jaging Jeget, dan Bukit Kemuning. Hujan es ini terjadi sejak Mei-Juli 2019 dengan ukuran sebesar kelereng dan turun dalam waktu selama 10 menit.

2. Jakarta dan sekitarnya

Hujan es Jakarta via Instagram/@jktinfo

Fenomena hujan es terjadi pada 22 November 2018 di sekitar Thamrin dan Tanah Abang, Jakarta Barat. Hujan ini berlangsung selama 5 menit pada pukul 15.20 WIB. Bersama dengan hujan es tersebut, wilayah sekitar Jabodetabek juga mengalami hujan lebat yang disertai dengan angin kencang.

3. Trenggalek

Hujan es via Sumber Istimewa

Trenggalek mengalami hujan es terjadi pada November 2016. Hujan es di Desa Prambon tersebut terjadi bersamaan dengan angin puting beliung di wilayah Kecamatan Tugu. Hujan es ini hanya terjadi sekitar 1 menit dan tidak menimbulkan kerusakan apapun.

4. Surabaya

Hujan es Surabaya via Sumber Istimewa

Surabaya juga terjadi hujan es pada 7 Maret 2017. Namun hujan tersebut hanya berupa butiran-butiran kecil sebesar biji jagung. Hujan ini bersamaan dengan hujan deras dan angin kencang. Di beberapa tempat ada beberapa pohon tumbang dan mobil yang juga ikut terkena tumbangan pohon tersebut.

5. Magelang dan sekitarnya

Hujan Es Magelang dan sekitarnya via Shutterstock

Pada Januari 2018, hujan es pernah terjadi di Kabupaten dan Kota Magelang. Bahkan sejumlah pohon dan baliho tumbang karena terkena derasnya hujan es. Setelah hujan pun beberapa jalan juga masih dipenuhi air sehingga pengendara harus berhati-hati jika melewatinya.

Hujan es memang bukan suatu hal yang harus ditakuti, namun kamu juga harus tetap berhati-hati saat melewatinya. Semoga dengan mengetahui hal ini kamu jadi lebih waspada, ya. Apakah Teman Traveler pernah melihat fenomena ini secara langsung?

Tags
fenomena langka Fenomena unik hujan hujan es
Share