Selain Batik, Alam di Pekalongan juga Cantik Untuk Dinikmati Saat Akhir Pekan

Pekalongan, kota yang terkenal dengan produk batiknya hingga dijadikan sebuah lirik lagu ternyata menyimpan berjuta pesona. Selain batik, Kota yang juga disebut sebagai Kota Pesisir ini tak hanya menyimpan keindahan panorama wisata pantai saja. Di Pekalongan kamu bisa menemukan berbagai jenis objek wisata alam dengan panorama yang indah. Mulai dari kawasan pantainya hingga ke daerah pegunungan yang berhawa dingin.

Saat akhir pekan tiba, kamu bisa mengajak keluarga dan teman-temanmu untuk menikmati keindahan alam di Pekalongan. Kira-kira objek wisata apa saja ya yang cocok dijadikan destinasi wisata saat akhir pekan tiba? Coba simak objek-objek wisata di bawah ini, siapa tau ada yang cocok.

1. Pekalongan Mangrove Park

Pekalongan Mangrove Park [image source]

Pekalongan Mangrove Park terletak di Kelurahan Kandang Panjang, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. Pembangunan ekowisata yang diresmikan pada 17 Desember 2013 lalu ini selain bertujuan untuk meningkatkan pariwisata di Pekalongan, juga berfungsi sebagai penjaga ekosistem laut serta mencegah abrasi pantai. Fasilitas yang tersedia pun terbilang sudah memadai seperti jalur pejalan bagi pengunjung agar dapat berkeliling lokasi dengan nyaman, area pembibitan bagi mereka yang ingin praktek atau belajar menanam mangrove, arena pemancingan, board walker atau jembatan papan yang menghubungkan objek-objek yang ada di Pekalongngan Mangrove Park, menara pandang dan shelter atau gazebo apung. Selain itu pengunjung juga dapat berkeliling hutan mangrove dengan menggunakan banana boat yang disediakan. Nantinya pengunjung akan diajak menyusuri lorong cinta, lorong yang terbentuk dari deretan mangrove. Jika berkunjung kemari jangan buru-buru pulang ya, karena pemandangan sunset yang indah dapat kamu nikmati di Pekalongan Mangrove Park.

2. Pantai Pasir Kencana

Pantai Pasir Kencana [image source]

Pantai yang merupakan objek wisata utama pemerintah kota Pekalongan ini berlokasi di Jalan Pantai, Wonokerto, Pekalongan atau hanya berjarak 4,5 kilometer dari Kota Pekalongan, menghabiskan waktu sekitar 20 menit perjalanan. Pantai Pasir Kencana juga berbatasan dengan Tempat Pelelangan Ikan atau Pelabuhan Perikanan Nusantara di Pantai Utara Jawa. Sehingga memungkinkan pengunjung yang datang kemari untuk melihat-lihat sekaligus membeli hasil tangkapan nelayan setempat. Di pantai ini terdapat sebuah jembatan yang berada tepat di pinggir pantai yang dinamakan Jembatan Cinta. Di atas jembatan ini kamu bisa melihat pemandangan pantai yang indah nan romantis bersama pasangan. Selain itu Pantai Pasir Kencana juga terdapat berbagai fasilitas pendukung seperti panggung kesenian yang biasa digunakan jika ada acara pentas, becak air, bangku yang memungkinkan pengunjung untuk duduk-duduk, warung makan, dan lain-lain.

3. Curug Lanjaman

Curug Lanjaman [image source]

Bosan bermain di pantai? Kita bergeser ke objek wisata lainnya yaitu Curug Lanjaman atau biasa disebut sebagai Curug Monyet. Kenapa disebut Curug Monyet? Karena konon katanya jika beruntung pengunjung bisa bertemu dengan kawanan monyet yang hidup di sekitar kawasan curug ini. Curug Lanjaman berada di Dukuh Indrokilo, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan. Untuk dapat sampai kemari kamu harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam dari Kota Pekalongan dengan menggunakan sepeda motor atau mobil berukuran kecil. Di sini kamu bisa main air sambil seseruan bareng teman-teman karena situasi curug tergolong aman dan woles. Cocok deh dijadikan destinasi wisata untuk menghabiskan weekend.

4. Curug Bajing

Curug Bajing [image source]

Selain Curug Lanjaman ada Curug Bajing yang juga nggak kalah hits di Pekalongan. Curug ini merupakan air terjun terbesar yang ada di Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan. Untuk dapat menikmati keindahan Curug Bajing, pengunjung harus berjalan kurang lebih selama 20 menit dengan track yang sudah tertata. Selain itu Tak perlu takut akan merasa haus atau lapar karena di dalam objek wisata ini sudah ada warung tempat pengunjung biasa melepas dahaga dan rasa lapar.

5. Curug Siwatang

Curug Siwatang [image source]

Satu lagi objek wisata air terjun yang juga terkenal di Pekalongan yaitu Curug Siwatang. Curug Siwatang berada di Dukuh Panumbangan Paninggaran, Pekalongan Berbeda dari Curug Bajing dan Curug Lanjaman, untuk dapat sampai di Curug Siwatang tidaklah mudah karena kamu harus berjalan selama sekitar 30 menit serta melewati tebing yang curam. Tapi tenang saja, sepanjang perjalanan mata kamu akan dimanjakan dengan pemandangan hijau yang indah beserta aliran anak-anak curug. Buat kamu yang hobi mancing, jangan ragu-ragu untuk mwmbawa peralatan pancingmu karena di sini terdapat banyak ikan seperti ikan benter, lele, kotok, dan lain-lain.

6. Perkebunan Teh Jolotigo

Perkebunan Teh Jolotigo [image source]

Bosan dengan objek wisata berair? Mari bergeser ke Perkebunan Teh Jolotigo! Perkebunan ini berada di Desa Jolotigo Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan atau sekitar 1 jam dari Kota Pekalongan. Untuk dapat sampai di perkebunan ini, kamu harus menempuh perjalanan yang kurang mulus. Tapi jangan nyerah dulu, karena perjalanan agak beratmu itu nantinya akan terbayar dengan pemandangan perkebunan teh yang indah. Dijamin nggak rugi deh!

7. Bukit Teletubies

Bukit Teletubies [image source]

Pernah dengar tentang Bukit Teletubies? Eits Bukit Teletubies ternyata tak hanya ada di kawasan Gunung Bromo, lho! Pekalongan juga punya sebuah bukit yang dinamakan Bukit Teletubies. Bukit ini terletak di Kaliwades Kecamatan Kesesi dan berlatar belakang Gunung Slamet. Jalur mendaki bukit tidak terlalu ekstrim dan hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Tapi kalau kesini jangan lupa bawa bekal minum yang banyak ya, karena cuaca yang panas bikin gerah dan kehausan.

8. Bukit Pawuluhan

Bukit Pawuluhan [image source]

Satu lagi bukit di Pekalongan sayang banget kalau dilewatkan saat berkunjung ke Pekalongan. Yap, Bukit Pawuluhan yang berada di Desa Gembong, Kecamatan Kandangserang, Kajen ini merupakan salah satu spot untuk melihat golden sunrise yang indah. Untuk dapat sampai kesini kamu harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari Kota Pekalongan dengan menggunakan motor. Alam sekitar yang masih bersih serta sawah dan kebun milik warga yang terhampar hijau menambah keindahan panorama di sekitar Bukit Pawuluhan. Di atas bukit kamu dan teman-temanmu bisa berkemah sembari menunggu matahari terbit. Istimewanya lagi, bukit inio cocok bagi pendaki pemula yang ingin belajar mendaki karena medannya tidak terlalu berat.

Inilah kedelapan objek wisata alam hits di Pekalongan yang bisa jadi pilihan destinasi wisatamu untuk menikmati akhir pekan. Kamu mau pilih destinasi yang mana nih?

Tags
Air Terjun Indonesia Jawa Tengah pantai Pekalongan
Share