Sego Liwet Enak di Solo, Rasa Nendang Bikin Selalu Terkenang

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
Via Instagram/waosansurakarta Via Instagram/waosansurakarta

Sego liwet atau nasi liwet merupakan kuliner khas Solo yang memiliki rasa gurih, manis dan pedas yang bikin ketagihan. Untuk penduduk Solo asli, kebanyakan mereka menyantap nasi liwet saat pagi hari yang dijadikan sarapan. Namun tidak jarang pula disantap saat siang ataupun malam hari. Karena merupakan kuliner khas, banyak sekali kedai atau tempat yang menyuguhkan makanan satu ini. Berikut ini akan diberikan beberapa lokasi menyantap sego liwet enak di Solo.

1. Sego Liwet Bu Rabiyem

Sego Liwet Bu Rabiyem, Via Instagram/jelajahsolo
Sego Liwet Bu Rabiyem, Via Instagram/jelajahsolo

Sego Liwet Bu Rabiyem merupakan salah satu lokasi yang cukup populer menyantap nasi dengan rasa yang sangat nikmat ini. Porsinya bisa disesuaikan, bisa banyak ataupun sedikit. Ditambah lagi dengan pilihan lauknya yang cukup banyak. Ada telur, uritan, daging ayam, sayur mayur dan lain-lain. Lokasi Sego Liwet Bu Rabiyem ini berada di Jl. Setia Budi, Gilingan. Buka mulai jam 05:30 sampai habis.

2. Nasi Liwet Mbak Giyem Solo Baru

Nasi Liwet Mbak Giyem Solo Baru, Via Instagram/waosansurakarta
Nasi Liwet Mbak Giyem Solo Baru, Via Instagram/waosansurakarta

Selanjutnya ada Nasi Liwet Mbak Giyem yang juga memiliki banyak pengunjung. Keunggulan di sini adalah nasinya yang sangat gurih dengan lauk begitu beragam. Ada lauk krecek pedas, sate, telor, sate koyor, sate usus, dan masih banyak lagi yang lainnya. Lokasinya berada di Jl. Ir. Soekarno No. 168, Dusun 1, Sukoharjo. Porsi yang sangat menggiurkan bukan?

3. Sego Liwet Bu Parmi

Nasi Liwet Bu Parmi, Via Instagram/waosansurakarta
Nasi Liwet Bu Parmi, Via Instagram/waosansurakarta

Sego Liwet Bu Parmi merupakan salah satu ikon kuliner kota Solo yang sangat layak dicicipi. Lokasinya berada di Jl. Yos Sudarso 239 Solo. Tidak hanya nasi liwet saja yang jadi daya tarik utama di sini. Ada cabuk rambuk yang berisi ketupat dipotong tipis-tipis lalu disiram dengan saus wijen yang sudah dicampur dengan kemiri, plus kelapa yang disangrai. Dipincuk dengan daun pisang, membuat rasanya selalu terkenang.

4. Nasi Liwet Yu Marni

Nasi Liwet Mbak Marni, Via Instagram/tempatnongkrongdisolo
Nasi Liwet Mbak Marni, Via Instagram/tempatnongkrongdisolo

Tidak kalah lezat, ada Nasi Liwet Yu Marni yang lokasinya berada di Jl. Ir. Soekarno No. 54, Dusun I, Madegondo, Grogol, Kabupaten Sukoharjo. Lauk yang disuguhkan juga sangat beragam. Ada sayur, jeroan, telur, ayam, dan lain-lain. Jika Teman Traveler pecinta kuliner pedas, bisa tambah sayur yang ada cabai utuhnya. Sensasi meletus enak di dalam mulut yang tidak terlupakan. Jadi, ngiler pengen nyoba, kan?

Itulah empat tempat menyantap nasi liwet enak di Solo. Mana yang sudah pernah Teman Traveler coba? Atau jika belum pernah mencoba salah satunya, jangan melewatkannya jika sedang traveling di kota kelahiran Presiden Jokowi ini, ya?