Sego Angkruk Khas Ponorogo, Enak Tapi Sangat Langka

Banyak sekali kuliner tradisional Indonesia yang tersebar di berbagai penjuru daerah. Salah satunya yakni yang bernama sego angkruk khas Ponorogo. Sekali lihat, sego angkruk ini mirip dengan sego kucing dari Jogjakarta. Tapi tentu saja cukup berbeda, dari isian dan cara pengolahannya.

Berbicara masalah kuliner di Ponogoro memang selama ini yang cukup terkenal adalah menu sate yang terdapat di Gang Sate. Tapi tidak jauh beda dengan sate Ponorogo yang sangat khas, rasa sego angkruk ini juga sangat pantas untuk dicicipi kelezatannya.

Asal Usul Nama Sego Angkruk

Sego angkruk, Via Instagram omahwedang_otomotif
Sego angkruk, Via Instagram omahwedang_otomotif

Perihal nama, sego angkruk ini merupakan perpaduan antara kata ‘sego’ artinya nasi dan ‘engkruk’ yang berati ditumpangkan. Jadi, ini merupakan nasi yang lauknya ditumpangkan di atasnya lalu dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Nah, lantaran lauknya diposisikan di tengah, cara memakannya juga langsung dibuka dari tengah, tidak dari pinggir.

Warisan Nenek Moyang yang Perlu Dilestarikan

Mirip Sego Gegok dari Trenggale, Via Instagram hendysanjaya888
Mirip Sego Gegok dari Trenggale, Via Instagram hendysanjaya888

Salah satu nasi khas Nusantara ini merupakan salah satu warisan asli dari Ponorogo, tepatnya dari daerah Pulung. Dahulunya makanan ini dibuat untuk orang-orang yang bekerja di hutan, lantaran jauh dari rumah, maka dibuatlah kuliner yang tahan lama ini. Rasanya juga begitu enak, tidak salah jika akan membuat orang yang menyantapnya ketagihan.

Nasi angkruk, gorengan dan kopi perpaduan yang pas, Via Instagram vica_abrizam
Nasi angkruk, gorengan dan kopi perpaduan yang pas, Via Instagram vica_abrizam

Sayangnya, semakin ke sini kuliner satu ini sudah makin jarang ditemui. Hanya ada beberapa tempat saja yang menawarkan nasi angkruk sebagai menu yang dijual. Salah satunya yakni sebuah warung kopi WAKOKA yang terdapat di Jl. Menur, Ronowijayan, Siman, Kabupaten Ponorogo.

Cara Pengolahan Nasi Angkruk

Ayo coba sego angkruk, Via Instagram erna_chubby09
Ayo coba sego angkruk, Via Instagram erna_chubby09

Awalnya, pembuatan nasi angkruk ini dimanfaatkan untuk menemukan cara memasak nasi bungkus yang tahan lama. Maka dari itulah, cara pengolahan nasi ini beda dengan yang lainnya. Caranya adalah;

  • Nasi diolah terlebih dahulu sampai setengah matang, atau istilah Jawa-nya dikaru
  • setelah itu, nasi setengah matang tersebut ditata di daun pisang lalu di atasnya diberi lauk kemudian dibungkus
  • selanjutnya dikukus selama kurang lebih satu jam lamanya
  • nasi sudah matang dan siap disantap.

Enak langsung disantap ataupun juga dengan beragam lauk lengkap. Misalnya saja tempe, ayam, atau lain-lain. Sesuai selera.

Sebagai generasi muda dengan beragam kemudahan yang ditawarkan, yuk lestarikan berbagai kuliner yang sudah semakin langka. Caranya? Ya dengan membagikannya ke berbagai media sosial informasinya. Langkah nyatanya? Ya salah satunya bisa dengan share artikel ini. Boleh begitu?

Tags
Indonesia Jawa Timur nasi angkruk Ponorogo
Share