4 Seduhan Biji Kopi Nusantara dengan Rasa Buah, Apa Saja Ya?

Saat ini, kopi menjadi salah satu minuman yang paling difavoritkan masyarakat Indonesia. Maka dari itu, banyak orang yang membuat inovasi kopi agar menarik perhatian para pecinta minuman berkafein tersebut. Seperti biji kopi yang menghasilkan rasa buah ketika diseduh. Wah, seperti apa ya kira-kira? Simak ulasan berikut ini.  

Kopi Garut Sukatani yang Bercita Rasa Strawberry 

biji kopi rasa buah
Kopi Garut Sukatani via tokopedia/Friends Coffee

Di posisi pertama, ada Kopi Garut Sukatani yang memiliki rasa strawberry. Kopi satu ini tak perlu diragukan lagi kenikmatannya, karena pada tahun 2018 lalu, kopi asal Garut tersebut menjadi salah satu yang terbaik pada Cupping Test.

Oleh karena itu, jangan heran apabila kopi ini dihargai sekitar Rp200 ribu per kilogramnya. Kalau kalian penasaran, bisa beli biji kopinya di Amstirdam Coffee & Roastery yang beralamat di Jl, Ruko Soekarno Hatta Indah, Mojolangu, Kota Malang. 

Kopi Arabika Wine dengan Rasa Buah Pir 

biji kopi rasa buah
Kopi Arabika Wine via instagram/puntang.coffee

Kopi Arabika Wine yang berasal dari Bukit Kaba di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, memiliki cita rasa buah pir yang memikat lidah. Kopi ini ternyata diproses menggunakan teknik fermentasi dengan memasukan ceri kopi ke dalam kantung-kantung plastik. Kemudian, petani mendiamkan ceri selama tiga sampai enam bulan. Semakin lama penyimpanan, maka hasil fermentasinya menjadi lebih sempurna. 

Ketika proses fermentasi berlangsung, rasa manis dan aroma wangi kulit ceri merah secara perlahan meresap ke dalam biji kopi. DNA biji kopi akan mengikat rasa dan aroma tersebut, lalu kopi dijemur hingga kering. Setelah mengering, kopi akan digiling untuk melepaskan kulit ceri yang mengeras dan selanjutnya menuju proses roasting. Proses panjang itulah yang membuat kopi memiliki cita rasa wine dan buah pir. Ingin merasakannya? Bisa datang ke Kedai Kopi Anak Tu yang ada di Bengkulu. 

Halu Pink Banana dengan Rasa Pisang 

Halu Pink Banana via instagram/arikumari

Bagi Teman Traveler yang suka pisang, bisa cicipi Halu Pink Banana. Kopi ini berasal dari Gunung Halu, Jawa Barat dan bisa dibilang jadi rasa yang paling dicari oleh masyarakat. Ini dikarenakan meskipun aroma kopi masih melekat kuat, tapi rasa pisangnya ketika diseduh sangat dominan.

Uniknya, ada sedikit hints of Starfruit dan Blackcurrant yang sudah menjadi ciri khas kopi dari Gunung Halu satu ini. Untuk dapat menikmatinya, langsung ke Space Coffee Roastery yang ada di Gg. Loncang No.88, Rogoyudan, Sinduadi, Kec. Mlati, Kota Yogyakarta.

Yellow Caturra dengan Rasa Lemon 

Yellow Caturra via instagram/chilya_store1 

Yellow Caturra merupakan kopi langka yang hanya tersisa sekitar 700-900 pohon di Indonesia. Berbeda dengan biji kopi lainnya yang berwarna merah pekat ketika matang, Yellow Caturra hanya berwarna kuning. Kemudian untuk ukuran biji kopinya juga terbilang kecil, lebih keras, dan sangat wangi.

Ketika diseduh, Yellow Caturra ini memiliki rasa seperti lemon. Jadi, bisa dibilang seduhan kopi ini mirip seperti teh buah. Nah, kalau Teman Traveler ingin membelinya, cukup datang ke Mr. O Coffee yang berlokasi di Jl. Rawamangun Muka Timur No. 54, Jakarta Timur. 

Jadi, itulah biji kopi nusantara yang menghasilkan rasa buah ketika diseduh. Mulai dari strawberry sampai dengan lemon. Apakah ada Teman Traveler yang sudah mencicipi salah satunya?

Tags
Bengkulu biji kopi rasa buah Cianjur Garut Indonesia Jawa Barat Kabupaten Rejang Lebong kuliner
Share