Ini Lho yang Perlu Diperhatikan Saat Melewati Security Check Bandara

Pesawat termasuk sarana transportasi yang digemari banyak traveler. Apalagi kalau bukan karena waktu perjalanan yang singkat dan  saat ini harga tiketnya yang cukup terjangkau. Nah, bagi kamu yang belum pernah naik pesawat, ada beberapa tips nih agar kamu bisa melewati security check bandara dengan cepat dan tidak bermasalah. Sudah siap?

Siapkan Tiket dan Kartu Identitas

Siapkan tiket dan kartu identitas
Siapkan tiket dan kartu identitas [image source]
Sebelum masuk gate, persiapkan kartu identitas, tiket, juga paspor jika diperlukan. Jangan sampai kamu malah sibuk merogoh-rogoh tas saat di depan pintu. Kamu akan panik dan membuat antrian macet. Lakukan hal yang sama saat check in. Setelah itu, satukan semua dalam satu kantong tas agar kamu tak kesulitan mencari karcis bagasi saat landing nanti. Saat tak lagi dibutuhkan, kembalikan paspor dan kartu identitas lainnya ke dalam dompet. Menaruhnya sembarangan, meski di dalam tas akan membuatmu kesusahan saat membutuhkannya nanti.

Lepaskan Dahulu Semua Benda Logam

Lepas jam tangan
Lepas jam tangan [image source]
Masih ingat kan kejadian istri jendral yang menampar staf karena tak mau melepas arloji? Nah, untuk menghindari mengalami kejadian serupa, lepaskan dahulu semua benda metal atau logam yang menempel, termasuk perhiasan dan juga arloji dan menyimpannya dalam tas. Ini akan membuat proses check security-mu berjalan cepat dan menghindari barang-barangmu tertinggal karena tercecer atau buru-buru.

Gunakan Pakaian yang Santai

Pakaian santai
Pakaian santai [image source]
Gunakan pakaian yang santai saat akan bepergian menggunkan pesawat. Bergaya ala artis Korea yang keren dengan style travelingnya memang terlihat keren. Namun, bisa jadi akan membuatmu ribet sendiri. Kamu akan diminta melepas jaket, juga ikat pinggang, jadi hindari memakai aksesori yang satu ini, ya. Baju yang terlalu longgar pun bisa mengundang kecurigaan petugas bandara. Meski santai, pilihlah pakaian yang sopan. Beberapa maskapai bahkan memerhatikan pakaian calon penumpangnya dan bisa melarangnya naik jika dianggap akan bermasalah ke depannya.

Jangan Membawa Barang-barang yang Dilarang

Jangan membawa barang yang dilarang
Jangan membawa barang yang dilarang [image source]
Ada peraturan yang bisa dibaca di internet atau bahkan terpampang tentang barang apa saja yang tidak boleh dibawa saat bepergian dengan pesawat. Meski begitu, masih saja banyak calon penumpang yang melanggar. Para petugas bandara masih sering mendapat barang sitaan seperti gunting, bahkan pisau yang ditemukan dalam bawaan penumpang. Tak hanya akan dibongkar, perjalananmu bisa saja terancam batal dan malah bermasalah dengan pihak bandara.

Letakkan Barang Cair dalam Satu Wadah

Satukan barang cair dalam wadah
Satukan barang cair dalam wadah [image source]
Yang sering terlewatkan adalah cairan yang masih saja dibawa para traveler yang melanggarnya. Hindari membeli minuman sebelum check in, karena kamu harus membuangnya. Jika kamu membawa sampo, sabun, dan barang cair lainnya, pastikan membawanya di botol kecil-kecil dan menyatukannya dalam satu wadah. Ada aturan yang mengatakan bahwa cairan, gel, aerosol, dan krim tidak boleh di bawa lebih dari 3,4 ons atau 100ml untuk setiap kemasan.

Nah, pastikan kamu waspada dan mematuhi segala peraturan yang ada sehingga kamu tidak akan bermasalah saat melewati bandara security check. Perjalananmu lancar dan liburanmu tidak akan tertunda. Setuju, kan?

Tags
bandara Indonesia tips
Share