Seafood Murah Pantai Sine, Rela Datang Cuma Demi Ikan Bakarnya

Reezumiku

Reezumiku

On Indonesia
Seafood murah Pantai Sine Seafood murah Pantai Sine

Teman Traveler hobi makan seafood? Well, hidangan laut memang punya rasa menggoda. Apalagi jika dinikmati di kawasan pesisir, rasanya jadi kian lezat. Sayangnya, seafood biasanya juga identik dengan mahal.
Eits, tunggu dulu. Hal tersebut justru takkan Teman Traveler temui di Pantai Sine, Tulungagung.

ikan bakar (dokumen pribadi)
Ikan bakar di Pantai Sine (c) Reezumiku/Travelingyuk

Semua olahan laut lezat di sana ditawarkan dengan harga bersahabat. Seperti apa? Daripada penasaran, mari simak ulasan berikut.

Penghasil Tangkapan Laut Segar

ikan segar (dokumen pribadi)
Ikan dan kepiting segar (c) Reezumiku/Travelingyuk

Pantai Sine merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal dengan kawasan Cemoro Sewu-nya. Berada di wilayah di Dusun Sine, Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, pantai ini memang ditumbuhi banyak pohon cemara dan hal tersebut menjadi daya tarik wisatawan hingga kini.

Tak hanya itu, hidangan laut di Pantai Sine juga dikenal sangat murah. Jauh lebih terjangkau dibanding pantai-pantai lainnya di Tulungagung. Sebagai kawasan teluk, Sine kaya akan hasil tangkapan laut. Selain ikan tuna, ada juga ikan kembung, tongkol, cakalang, layang, layur, semar, teri, udang, pari, iwak ilat (lidah), cumi-cumi, bahkan kepiting.

Murah Meriah Manjakan Lidah

Aneka bakaran seafood (dokumen pribadi)

Hasil tangkapan tersebut lantas langsung diproses oleh penduduk setempat. Jadi tentunya masih terasa segar dan sama sekali tak menggunakan tambahan pengawet. Teman traveler bisa memesan sajian seafood ala Sine di warung atau rumah penduduk pinggir pantai.

Harganya sangat terjangkau. Ikan Salmon yang sudah dibakar dan dibumbui misalnya, bisa ditebus dengan Rp.60.000 saja per kilo. Pantang dilewatkan karena salmon punya kandungan amat bagus untuk tubuh. Apalagi Teman Traveler tinggal makan saja, tanpa harus repot memasak. 

Cumi-Cumi bumbu asam manis yang dibawa pulang untuk oleh-oleh (dokumen pribadi)
Cumi-cumi bumbu asam manis (c) Reezumiku/Travelingyuk

Cumi-cumi bumbu asam manis juga tak kalah menggiurkan. Seporsinya hanya dibandrol Rp.40.000. Cukup dimakan berdua dengan nasi hangat. Sementara itu, olahan kepiting bisa ditebus dengan Rp.100.000 saja. Harganya bahkan bisa lebih murah jika membeli mentah atau cukup dibakar/diasapi.

Ikan Cakalang yang sudah dibumbui (dokumen pribadi)
Ikan Cakalang sebagai oleh-oleh (c) Reezumiku/Travelingyuk

Pengunjung umumnya memilih Cakalang sebagai oleh-oleh karena paling murah dan rasanya tidak kalah mantap. Harga mentahnya antara Rp15.000-Rp30.000 per ekor, tergantung ukuran. Jika ingin lebih praktis, Teman Traveler bisa pesan yang sudah dibumbui seharga Rp.60.000 per kilonya, biasanya berisi 2-4 ikan. Cukup untuk mengisi perut sekeluarga, apalagi disajikan bersama sambal dan lalapan.

Nikmati Panorama Indah

Makan seafood di pantai (dokumen pribadi)
Makan seafood di pinggir pantai (c) Reezumiku/Travelingyuk

Asyiknya lagi, Teman Traveler bisa menyantap seafood favorit sembari diiringi alunan menenangkan suara ombak Pantai Sine. Akan terasa lebih lengkap jika dituntaskan dengan meneguk es kelapa muda. Hmm, membayangkannya saja sudah menggugah selera bukan?

Warung-warung di sekitar Pantai Sine ini sudah mulai buka sejak pagi dan tutup pada sore hari. Begitu tiba, Teman Traveler sebaiknya langsung memesan seafood. Proses memasak akan butuh waktu sekitar 30-60 menit. Bisa lebih lama jika kalian memesan ikan.

Sembari menunggu pesanan rampung, Teman Traveler bisa bermain-main di pantai atau menjelajah sekitar Cemoro Sewu. Ada banyak sudut indah yang bisa kalian lihat di sini.

Tiket Masuknya Sangat Terjangkau

Tempat makan di area Cemoro Sewu (foto pribadi)
Tempat makan di sekitar Cemoro Sewu (c) Reezumiku/Travelingyuk

Tiket masuk Pantai Sine saat hari biasa adalah Rp.5000 per orang. Begitu memasuki akhir pekan atau hari besar nasional, harganya naik menjadi Rp.7500 per orang. Biaya tersebut sudah termasuk jasa parkir.

Fasilitas yang disediakan pengelola juga lumayan lengkap. Ada mushola dan kamar mandi. Jumlahnya banyak, jadi Teman Traveler tak perlu khawatir berdesakan atau berebut dengan pengunjung lain.

Bagaimana Teman Traveler, sudah siap merasakan seafood murah nan lezat di Pantai Sine? Sensasi makan di pinggir pantai akan memberi kenangan tersendiri dan sulit dilupakan. Jangan lupa berkunjung ke sini jika kalian sedang berada di Tulungagung.