4 Opening Ceremony Spektakuler Sea Games, Bagaimana dengan Versi 2019?

Advertisement

Sebuah perhelatan akbar dan berharga bagi negara-negara di Asia Tenggara akan segera digelar secara resmi yaitu Sea Games 2019. Tahun ini event olahraga tersebut akan diselenggarakan di Filipina. Untuk opening ceremony sendiri akan dilaksanakan pada Sabtu, 30 November 2019. Apakah sespektakuler pesta pembukaan Sea Games yang telah berlalu seperti berikut?

1. Sea Games 2013 di Myanmar

Sea Games 2013 via Instagram @tnpbackstage

Opening ceremony spektakuler pun ditampilkan oleh Myanmar saat menjadi tuan rumah Sea Game 2013. Mereka menyulap panggung stadion menjadi berwarna-warni berkat kostum tradisional para penampil. Pembukaan secara resmi ditandai oleh seorang prajurit dalam kereta kuda yang melesatkan anak panah untuk menyalakan api simbolis.

Dilanjutkan dengan beragam pertunjukan seni budaya tradisional khas Myanmar. Setting stadion pun tampak luar biasa dengan latar animasi pemandangan elok Myanmar pada layar. Tentu tak lupa atraksi kembang api dan lighting spektakuler yang membuat audience terpana.

2. Sea Games 2015 di Singapura

Sea Games 2019
Sea Games 2015 via Instagram @keithoys

Singapura merupakan negara yang selalu berhasil membuat berbagai pihak takjub, mulai dari inovasi tempat wisata sampai bandara megah nan nyamannya yang menjadi rumah bagi The Jewel Changi. Tak heran bila opening ceremony Sea Games 2015 yang dihelat di Singapura juga spektakuler.

Tema utama dari pesta pembukaan ini menggambarkan bagaimana anak-anak muda berani bermimpi besar dan berusaha meraihnya demi masa depan yang cerah. Digambarkan juga mengenai transformasi Singapura, awalnya sebuah pos kolonial Inggris menjadi negara adidaya.

Upacara pembukaan megah ini berlangsung selama kurang lebih 2 jam dengan sekitar 5.000 orang performers. Mereka menampilkan pertunjukan seni budaya yang menunjukkan ragam etnis di Singapura, mulai dari Melayu, China, sampai India. Acara ini lebih meriah lagi berkat pertunjukan kembang api yang begitu menawan.

3. Sea Games 2011 di Indonesia

Sea Games 2019
Sea Games 2011 via Facebook Southeast Asian (SEA) Games 2011 Indonesia

Indonesia yang menjadi tuan rumah pada perhelatan Sea Games 2011 juga menampilkan opening ceremony menakjubkan. Berhubung event olahraga tersebut diselenggarakan di Palembang, maka pesta pembukaannya pun menyuguhkan kebudayaan setempat. Mulai dari kisah Kerajaan Sriwijaya sampai seni budaya Sumatera Selatan dan Nusantara.

Tatanan lighting dan efek komputer yang luar biasa membuat pementasan terlihat semakin megah dan indah. Apalagi pertunjukkan kembang api fantastis yang semakin memeriahkan acara.

4. Sea Games 2017 di Malaysia

Sea Games 2017 via Instagram @summermoonstudio

Opening ceremony spektakuler selanjutnya juga ditampilkan oleh tuan rumah Malaysia saat Sea Games 2017. Event yang diselenggarakan di Stadion Nasional Bukit Jalil ini menampilkan mulai dari parade drumband sampai tari tradisional. Semuanya menggambarkan Malaysia yang memiliki perpaduan budaya, tradisi, dan modern.

Acara semakin meriah dengan didukung oleh pertunjukan cahaya dan musik bernada semangat. Ditambah lagi adanya kembang api yang semakin membuat pesta pembukaan begitu menawan.

Itulah pesta pembukaan Sea Games yang telah berlalu. Menurut Teman Traveler akan seperti apa opening ceremony Sea Games 2019 di Filipina? Siapa yang sudah tidak sabar untuk menontonnya?

Advertisement
Tags
Indonesia info terbaru Sea Games 2019
Share