Sayur Asem Favorit Presiden Ini Ternyata Punya Banyak Varian

Kesederhanaan presiden Indonesia sering menjadi sorotan publik. Begitu pula dengan Joko Widodo. Tak hanya cara berpakaian, kuliner favoritnya juga cukup sederhana. Setelah Dawet Selasih Bu Dermi, ternyata Pak Jokowi juga pencinta sayur asem. Nah, ternyata varian sayur asem sangat banyak dan pastinya memanjakan lidah. Penasaran apa saja? Simak ulasannya berikut ini!

1. Sayur Asem Betawi

Sayur Asem Betawvi
Sayur Asem Betawi [image source]
Kuliner ini disebut juga dengan nama Sayur Asem Jakarta. Seporsinya berisi sayuran segar seperti kacang panjang, jagung manis, kabu, nangka muda, asam jawa, hingga terasi, Menariknya, sayur asem betawi ada tambahan tetelan di dalamnya. Selain itu, ada juga tambahan kacang tanah utuh yang rasanya menyegarkan. Untuk mendapatkan menu ini tak perlu bingung. Restoran di Jakarta banyak menawarkan menu ini sebagai lauk pendamping.

Sayur Asem Khas Betawi
Sayur Asem Khas Betawi [image source]

2. Sayur Asem Kangkung

Sayur Asem Kangkung dan Tempe Penyet
Sayur Asem Kangkung dan Tempe Penyet [image source]
Kuliner ini cukup terkenal di Jawa Timur. Bahannya sangat sederhana yaitu kangkung dan bumbu rempah. Tak lupa pula asam serta terasi agar tercipta rasa unik yang mampu menggugah selera siapapun yang menyantapnya. Sayur Asem Kangkun ini biasanya disajikan bersama dengan nasi hangat, tempe goreng, serta ikan asin. Tak lupa pula, tambahan sambal terasi yang membuatnya makin nikmat.

Sayur Asem Kangkung
Sayur Asem Kangkung [image source]

3. Sayur Asem Banjar

Sayur Asem Banjar Ikan
Sayur Asem Banjar Ikan [image source]
Liburan ke Banjarmasin, kamu bakalan menemukan sayur asem yang beda dari lainnya. Namanya Sayur Asem Banjar yang menggunakan tambahan kepala ikan di dalamnya. Jenis ikannya beragam, bisa patin, kakap atau juga nila. Selain itu, kuliner lezat ini juga ditambah dengan irisan timun tan tomat. Rasanya tentu saja nikmat, apalagi disantap dengan nasi hangat.

Sayur Asem Banjar
Sayur Asem Banjar [image source]

4. Sayur Asem Palembang

Sayur Asam Palembang
Sayur Asam Palembang [image source]
Kuliner Palembang terkenal dengan rasanya yang menggugah selera. Selain kaya rempah, campuran hasil laut juga membuat cita rasanya sangat unik. Tidak hanya pempek, ternyata sayur asem khas Palembang juga menggunakan seafood yang sudah dikeringkan. Ada juhi (cumi), ebi, dan juga kemplang. Tak perlu diragukan lagi, rasa pedas, asam, manis dari kuahnya bercampur sempurna dengan olahan ikannya.

Sayur Asem Palembang
Sayur Asem Palembang [image source]
Itulah 4 varian sayur asem yang rasanya menggoyang lidah. Tak hanya itu, masih banyak variannya yang pastinya memanjakan lidah dan perut. Bagaimana, kamu termasuk pecinta sayur ini seperti Pak Joko Widodo?

Tags
Indonesia Jakarta Jawa Timur kuliner
Share