Sawah Laba-laba, Pesona Flores yang Bikin Mata Adem

Advertisement

Liburan ke Flores? Jangan berkunjung ke Pulau Komodo saja. Di sana ternyata banyak loh tempat cantik dan eksotis yang masih sepi pengunjung. Bahkan tidak sedikit yang memiliki keunikan hingga mendapatkan sorotan dari turis yang datang. Salah satunya adalah Spiderweb Rice Fields atau Sawah Sarang Laba-Laba. Nah, penasaran dengan wujudnya? Yuk, intip fakta beserta fotonya berikut ini.

1. Sawah Unik Berbentuk Sarang Laba-Laba

Sawah Unik Berbentuk Sarang Laba-Laba
Sawah Unik Berbentuk Sarang Laba-Laba [image source]
Berbicara mengenai sawah, Bali masih menduduki tempat yang memiliki sistem pertanian padi terunik. Dengan sistem terasering, banyak sekali yang jatuh cinta dengan pemandangan sawah berundak. Tidak mau kalah, ternyata objek wisata Flores juga memiliki ladang unik yang bakalan membuat siapapun terpesona. Namanya Spiderweb Rice Fields dengan  bentuk lucu seperti sarang laba-laba.

Sawah Unik Berbentuk Sarang Laba
Sawah Unik Berbentuk Sarang Laba [image source]

2. Objek Wisata yang Mempertahankan Tradisi Turun Temurun

Objek Wisata yang Mempertahankan Tradisi Turun Temurun
Objek Wisata yang Mempertahankan Tradisi Turun Temurun [image source]
Siapa sih yang tidak akan kagum dengan sawah berbentuk lingkaran raksasa menyerupai jaring laba-laba ini? Kamu pun bakal jatuh cinta ketika melihatnya. Objek wisata alam tersebut terletak di Kabupaten Manggarai, Kecamatan Ruteng, Kelurahan Cancar dan hingga kini masih mempertahankan tradisi pembagian lahan sawah yang disebut Lingko.

Objek Wisata yang Mempertahankan Tradisi
Objek Wisata yang Mempertahankan Tradisi [image source]

3. Tradisi Unik yang Kini Mulai Terkikis Oleh Sistem Baru

Tradisi Unik yang Kini Mulai Terkikis Oleh Sistem Baru
Tradisi Unik yang Kini Mulai Terkikis Oleh Sistem Baru [image source]
Selain bentuknya yang menyerupai sarang laba-laba, pembagian lahan bercocok tanam ini juga menarik untuk dipelajari. Setiap bagian disebut sebagai Lodok. Sementara itu, di pusat sawah sebuah kayu sebagai poros pembagian lingko. Meski terlihat rumit, namun tidak sedikit yang kagum dengan tradisi turun temurun kebanggaan penduduk Manggarai ini.

Tradisi Unik yang Kini Mulai Terkikis
Tradisi Unik yang Kini Mulai Terkikis [image source]

4. Spot Terbaik Untuk Melihat Sawah Laba-Laba

Spot Terbaik Untuk Melihat Sawah Laba-Laba
Spot Terbaik Untuk Melihat Sawah Laba-Laba [image source]
Untuk melihat pemandangan cantik di Flores ini, pengunjung harus melakukan pendakian ke bukit di kampung Meler. Beberapa penduduk setempat dengan senang hati akan mengantarkan para tamu untuk menikmati pemandangan terbaik. Tidak butuh lama, hanya mendaki selama 10 menitan, traveler yang datang ke sana akan melihat cantiknya Sawah Laba-Laba dari atas ketinggian.

Spot Terbaik Untuk Melihat Sawah Laba
Spot Terbaik Untuk Melihat Sawah Laba [image source]

5. Tempat OOTD Asik dan Dikagumi Turis Asing

Tempat OOTD Asik Hingga Dikagumi Turis Asing
Tempat OOTD Asik Hingga Dikagumi Turis Asing [image source]
Pesona sawah laba-laba  ternyata menyedot perhatian wisatawan yang datang ke Flores. Mereka pun tidak lupa mengabadikan gambar dengan gaya terbaik. Bukan hanya traveler dalam negeri, banyak juga turis asing yang kagum dengan keindahan sawah satu ini. Wah, bangga kan Indonesia makin dipuja oleh banyak orang di dunia.

Tempat OOTD Asik Hingga Dikagumi Turis
Tempat OOTD Asik Hingga Dikagumi Turis [image source]
Meski indah dan juga memikat, sayang sekali tradisi pembagian sawah ini mulai terkikis dengan sistem pertanian yang baru. Setelah ke sini, kamu bisa melanjutkan petualangan menikmati objek wisata sumbawa, semuanya keren-keren, lho

Advertisement
Tags
Alam traveling wisata flores
Share