Sate Sambas Haji Rofii, Kuliner Legendaris Jakarta dengan Bumbu Khas yang Tak Berubah

Malam hari jadi waktu yang pas untuk menikmati sate. Makanan berbahan dasar daging sapi, kambing, dan ayam yang dibalut dengan bumbu kacang ini memiliki cita rasa yang khas. Sate Sambas Haji Rofii jadi tempat yang patut Teman Traveler kunjungi ketika berada di Jakarta. Biar nggak makin penasaran, langsung intip saja yuk!

Berdiri Sejak Tahun 1974

Sate Sambas Haji Rofii
Berdiri sejak tahun 1974, via Instagram/kulinerjabodetabek

Sebuah gerobak bernama Sate Sambas Haji Rofii telah berdiri sejak 1974 yang saat ini telah berusia 45 tahun. Sate legendaris ini sukses bertahan di tengah perkembangan zaman yang begitu pesat. Dahulu, Pak Harisun yang merupkana pemilik pada saat itu berjualan di sekitar trotoar jalan Sungai Sambas.

Saat ini bisnis tersebut dikelola olah anaknya sendiri yang bernama Bambang. Setiap hari Sate Sambas menyediakan tiga ribu tusuk yang jadi 300 porsi untuk sate ayam saja. Sungguh jumlah yang besar ya!

Ragam Pilihan Daging Sate

Ragam pilihan daging sate
Ragam pilihan daging sate, via Instagram/kulinerjabodetabek

Rasa dari Sate Sambas tidak sesederhana penampilannya. Karena mereka hanya menyediakan tenda, beberapa kursi plastik dan meja kayu sederhana. Pelanggan dapat dengan bebas memilih sate ayam, kambing, telur, hingga taican.

Mereka pun dapat meminta tambahan lontong atau nasi agar makin kenyang. Uniknya sate taican di sini dilengkapi dengan sambal hijau. Hal tersebut bertujuan menjadi pembeda dari yang lain karena kawasan ini menjadi tempat berkumpul para pedagang sate lainnya.

Pertahankan Cita Rasa

Pertahankan cita rasa
Pertahankan cita rasa, via Instagram/kulinerjabodetabek

Salah satu alasan mengapa banyak orang menyukai sate sambas yaitu bumbunya. Resep yang digunakan tak pernah mengalami perubahan mulai dari tahun 70-an, hingga sekarang. Namun yang membedakan hanya taican saja untuk memikat pelanggan yang lebih muda. Tapi, jika Teman Traveler suka dengan hal yang klasik, maka sate dengan saus kacang yang patut dicoba.

Lokasi dan Harga

Lokasi dan harga
Lokasi dan harga, via Instagram/kulinerjabodetabek

Harga yang ditawarkan Sate Sambas beragam, untuk satu porsi daging ayam berisikan 10 tusuk dibanderol mulai dari Rp25 ribuan. Untuk tambahan lontong atau nasi, pelanggan tinggal mengeluarkan budget Rp5 ribu saja.

Selama bulan Ramadan, tempat ini melayani pelanggan setiap hari kecuali ketika lebaran mulai dari jam 15.00 hingga pukul 00.00 WIB. Teman Traveler bisa menemukannya di Jl. Sungai Sambas II No.20, Panglima Polim, Jakarta Selatan.

Ibukota memang surganya makanan dari seluruh Indonesia. Teman Traveler yang ingin berburu street food di Jakarta, jangan sampai melewatkan untuk tak mampir ke Sate Sambas Haji Rofii ya!

Tags
DKI Jakarta Indonesia kuliner kuliner jakarta Sate Sambas Haji Rofii
Share