Sate Klopo Ondomohen Surabaya, Nikmat Dengan Baluran Kelapa

Menghabiskan untuk keliling wisata Surabaya, tak lengkap rasanya bila tak mencicipi beragam kulinernya. Kali ini saya tertarik untuk mencicipi salah satu sate legendaris di Kota Pahlawan, yakni Sate Klopo Ondomohen Bu Asih. Teman Traveler yang penasaran dengan sajian satu ini, yuk langsung simak cerita saya!

Kuliner Legendaris

img_20190811_133843_UqK.jpg
Warung Bu Asih (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Sate Klopo Ondomohen Bu Asih merupakan salah satu ikon kuliner legendaris di Surabaya. Kedainya sudah eksis sejak 1945 dan bisa Teman Traveler temukan di Jalan Walikota Mustajab no. 36. Dulunya kawasan ini diberi nama Jalan Ondomohen, yang akhirnya jadi inspirasi untuk menyebut kuliner legendaris satu ini. Mereka buka tiap hari, mulai pukul 07.00 hingga 23.00.

img_20190811_131224_oir.jpg
Pegawai sedang membakar sate (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Perlu diingat bahwa Sate Klopo Bu Asih tidak buka cabang di manapun Teman Traveler. Jadi kalian jangan sampai salah masuk karena di sepanjang jalan sekitar sini terdapat banyak warung lain yang menawarkan kuliner serupa.

Begitu masuk warung Bu Asih, Teman Traveler akan melihat dua pegawai tengah membakar sate di atas tungku. Untuk menjaga bara api tetap menyala, mereka menggunakan bantuan kipas angin. Di sisi lain, tampak tumpukan daging sate siap dibakar. Aroma dan penampakannya sungguh menggoda.

Sate Klopo

img_20190811_133636_CUi.jpg
Sate Sapi tengah dibakar (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Mungkin ada beberapa Teman Traveler yang masih asing dengan sate klopo. Sate ini sebenarnya sama seperti sate pada umumnya. Dibuat menggunakan bahan daging ayam atau sapi dan dibakar, sebelum kemudian disajikan bersama bumbu kacang.

Satu hal yang membedakan Sate Klopo dengan sate lain adalah sebelum dibakar tusukan daging bakal dilumuri kelapa parut yang sudah disangrai. Di beberapa daerah campuran ini disebut dengan istilah serundeng.

img_20190811_131947_GWt.jpg
Sate Ayam (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Paduan bumbu rempah dan baluran kelapa yang menempel pada daging membuat rasa sate semakin khas. Aromanya ketika dibakar benar-benar sangat menggoda. bikin perut makin keroncongan. Hal inilah yang membuat Sate Bu Asih bisa terus eksis hingga kini.

Beragam Pilihan Sate

img_20190811_132228_eOE.jpg
Sate dengan bumbu kacang (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Warung sate Bu Asih menyajikan beragam pilihan menu, mulai dari sate ayam, sapi, usus, sumsum, hingga otot. Buat Teman Traveler yang penasaran dengan rasa sate ayam dan sapinya, bisa pilih kombinasi keduanya dalam satu porsi. Begitu pula dengan jenis sate lainnya, tinggal pesan sate campur. Pas buat kalian yang bingung menentukan pilihan ketika mampir ke sini.

img_20190814_122953_33k.jpg
Seporsi sate plus nasi (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Seporsi sate ayam di sini dibanderol Rp22.000 saja. Sementara untuk sate sapi ditawarkan seharga Rp29.000. Buat Teman Traveler yang berniat memesan sate campur ayam dan sapi, cukup rogoh kocek Rp26.000 per porsi. Sementara untuk campuran lainnya, ditawarkan seharga Rp31.000 saja.

Sering Dikunjungi Artis Ternama

img_20190811_132655_q52.jpg
Proses pembakaran sate (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Popularitas Sate Bu Asih memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Warung ini kerap jadi salah satu jujukan wisatawan di Surabaya. Bahkan tak sedikit artis kenamaan Tanah Air yang sempat bersantap di sini. Sebut saja Raffi Ahmad, Vidi Aldiano, dan masih banyak lagi.

img_20190811_132644_rru.jpg
Pengunjung Warung Bu Asih (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Selagi bersantap di sini saya juga sempat melihat beberapa bukti prestasi Bu Asih lewat piagam dan potongan artikel yang dipajang di dinding. Ternyata cukup banyak lho torehan positif yang dibuat beliau. Salah satunya adalah menyediakan ambulans gratis untuk warga tak mampu. Luar biasa ya?

Jadi kapan nih Teman Traveler berniat mencicipi lezatnya Sate Klopo Ondomohen Bu Asih? Jika kalian sedang liburan di Surabaya, wajib mampir ke warung ke sini ya. Rasanya dijamin bakal bikin ketagihan!

Tags
kontributor kuliner surabaya sate klopo ondomohen Surabaya Travelingyuk
Share