Sate Kere Bu Dibyo, Kuliner di Pasar Beringharjo yang Kepulan Asapnya Bikin Ngiler

Advertisement

Pasar Beringharjo yang ada di Jogja tak pernah membuat kecewa wisatawan. Segala jenis barang di jual di sini. Ada pakaian, pernak-pernik, oleh-oleh, hingga kuliner tradisional. Selain menikmati Empal Bu Warno yang lezat banget, coba juga sate kere yang kepulan asapnya sudah bikin ngiler. Salah satunya sate kere Bu Dibyo. Nah, apa keunikan dari makanan enak di pasar tradisional Jogja ini? Yuk, simak ulasan selengkapnya.

Kuliner Enak di Pasar Beringharjo

Sate enak di Pasar Beringharjo
Sate enak di Pasar Beringharjo via instagram/@javafoodie

Sebagai pasar tertua dan memiliki nilai historis yang tinggi, Pasar Beringharjo selalu menjadi tujuan wisatawan saat liburan ke Jogja. Belum lagi, letaknya yang dekat dengan stasiun dan Jalan Malioboro. Tidak hanya berburu oleh-oleh, mencoba sate kere adalah salah satu agenda yang sering mereka lakukan. Bagaimana tidak, aroma kepulan dari sate ini menggoda untuk dicoba. Belum lagi jumlah penjualnya yang banyak. Termasuk Bu Dibyo yang sudah lama berjualan.

Sate kere nikmat di Pasar Beringharjo
Sate kere nikmat di Pasar Beringharjo via instagram/@jogjabikinlaper

Sederhana dengan Alas Pincukan Daun Pisang

Kepulan Asap sate kere
Kepulan Asap sate kere via instagram/@javafoodie

Sate kere merupakan kuliner khas Solo yang juga banyak ditemukan di Jogja. Sajian tradisional ini muncul karena ketidakmampuan kalangan bawah untuk membeli sate. Dulunya, sate merupakan makanan mewah yang hanya bisa disantap kalangan atas. Dari situ, muncullah sate kere yang berbahan dasar jeroan sapi. Sejak dulu, makanan ini disajikan di atas pincukan daun pisang. Hal ini untuk membuat aromanya lebih nikmat. Namun, di beberapa tempat sudah mulai beralih ke kertas minyak. Termasuk beberapa penjual masakan ini di Pasar Beringharjo.

Sate di atas pincukan daun pisang
Sate di atas pincukan daun pisang via instagram/@numiekashop

Aneka Sate Spesial yang Menggoda

Aneka pilihan sate
Aneka pilihan sate via instagram/@katanya_diet

Bermodalkan pangganggan, sate kere Bu Dibyo menggoda mata pengunjung pasar yang lewat pintu sisi selatan. Aroma dari kepulan asap begitu menggirukan. Sementara varian sate yang disajikan banyak. Kamu bisa memilih tempe gambus, jeroan, serta gajih atau lemak. Belakangan ada juga yang dikombinasikan dengan potongan daging. Semua varian tersebut di siram dengan bumbu kacang yang rasanya nendang di lidah. Mau pedas, juga tinggal pesan.

Pilihan Sate Kere yang banyak
Pilihan Sate Kere yang banyak via instagram/@jogjabikinlaper

Murah Meriah yang Ramah Kantong

sate kere khas Indonesia
sate kere khas Indonesia via instagram/@rickxs_

Meski hanya bermodalkan gajih dan jeroan, ternyata banyak sekali pecintanya. Bahkan ada yang rela antre demi mendapatkan menu sederhana ini. Selain cita rasanya yang menggiurkan, harganya juga murah meriah. Meski terjangkau, jangan terlalu banyak menyantap sate ini. Hal ini tidak lain karena kandungan kolesterol tinggi dari sate ini. Tentu tak ingin liburan terganggu karena sakit mendadak bukan?

sate unik khas Indonesia
sate unik khas Indonesia via instagram/@jogjabikinlaper

Nah, itulah kuliner sate kere Bu Dibyo yang berada di Pasar Beringharjo. Bagaimana dengan kamu? Sudah pernah mencobanya belum?

Advertisement
Tags
Indonesia Jogja kuliner Jogja Yogyakarta
Share