Sate Karak Khas Surabaya, Kuliner Enak Pendamping Ketan Hitam

Advertisement

Surabaya tidak hanya memiliki rujak cingur, lontong balap dan semanggi. Kamu bisa menemukan berbagai kuliner enak dan bentuk unik di kota ini. Salah satunya sate karak, makanan unik yang kini nyaris punah. Bahkan, banyak yang tidak mengenal kuliner ini. Nah, penasaran seperti apa sate khas Kota Pahlawan ini? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Kuliner Legendaris Sejak Tahun 60-an

Seporsi sate karak
Seporsi sate karak via instagram / @photoexplorerid

Sate karak merupakan kuliner tradisional yang hanya populer di Surabaya. Konon, makanan ini diklaim asli dari kawasan Ampel, Surabaya di bagian utara. Sajian nikmat yang biasa dijadikan menu untuk sarapan ini dikenal sejak tahun 1960-an. Sayang, kini sate karak makin punah. Bahkan, tidak sedikit generasi muda yang tidak mengenal kuliner istimewa ini.

Kuliner unik di Surabaya
Kuliner unik di Surabaya via instagram/@rezabaguswinoto

Sate Unik Berbahan Usus Sapi

Sate unik dari Surabaya
Sate unik dari Surabaya via instagram/@sbykulinerinfo

Karak yang dijadikan sate ini bukan kerupuk nasi seperti di Solo. Bahan utamanya berupa jeroan sapi terutama usus yang diberi bumbu spesial. Ukurannya cukup besar dan pastinya bikin kenyang.  Seperti lainnya, sate ini juga ditusuk menggunakan lidi dan kemudian dipanggang di atas arang. Biasanya sate karak tidak hanya menggunakan usus, tapi juga dicampur dengan potongan daging.

Seporsi sate khas Surabaya
Seporsi sate khas Surabaya via instagram/@photoexplorerid

Ketan Hitam Pengganti Lontong

Ketan Hitam Pendamping Sate Karak
Ketan Hitam Pendamping Sate Karak via instagram/@irma_jacob

Keunikan lain yang membuat sate karak spesial adalah hidangan pendampingnya. Biasanya, sate selalu disajikan bersama dengan potongan lontong. Namun, kuliner Surabaya ini dihidangkan dengan ketan hitam. Tekstur pengganti lontong ini tidak terlalu lengket. Jadi sangat mudah untuk disantap. Meski berbeda dari lainnya, tapi kamu bakalan ketagihan setelah mencobanya.

Sate unik di Surabaya
Sate unik di Surabaya via instagram/@happysuhadi

Bumbu Unik Berupa Serundeng

Bumbu Serundeng di Sate Karak
Bumbu Serundeng di Sate Karak via instagram/@surabaya_foodies

Perpaduaan sate karak dengan ketan hitam makin istimewa dengan bumbu uniknya. Bukan sambal kacang, tapi kelapa parut berbumbu atau serundeng yang memiliki rasa manis dan gurih. Selain itu, ada juga tambahan bubuk kedelai pedas yang istimewa.

Warung Sate Karak
Warung Sate Karak via instagram/@photoexplorerid

Salah satu warung sate karak yang masih berjualan hingga saat ini adalah Sate Karak Ampel Lonceng. Nama tersebut diambil dari lokasinya yang berada di gang Ampel Lonceng. Tepatnya di Jalan K.H. Mas Mansyur. Nah, tak ingin makanan enak ini punah kan? Yuk, mulai lestarikan makanan tradisional Nusantara.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur Sate Karak Surabaya
Share