Uji Nyali! Berani Coba 5 Sate di Jogja Ini?

Advertisement
Advertisement

Kalau mau jadi anak pantai, Bali bisa didatangi. Namun untuk berburu kuliner, Jogja juaranya. Kota Gudeg ini punya banyak sekali makanan enak dari yang khas sampai ekstrem bikin geleng kepala. Contohnya seperti beberapa menu sate berikut ini. Tentu saja bukan olahan daging ayam, sapi atau kambing. Lalu apa ya? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Sate Ular

Sate Kobra [image source]
Bagi sebagian besar orang, ular bukanlah binatang yang lucu. Jangankan memakannya, pegang saja sudah bikin ngeri. Di Jogja ada warung yang khusus menjual menu sate ular kobra. Menu lain juga banyak seperti kobra asam manis, tongseng kobra, hingga steak kobra. Letak warungnya ada di sebelah selatan Stasiun Lempuyangan, jaraknya sekitar 400 meter. Rasanya unik dan sudah memiliki penggemar setia. Tiap harinya ada saja yang memesan menu kobra ini.

Sate Kobra [image source]
Lokasi : Jalan Hayam Wuruk No. 19 Jogja

2. Sate Kuda

Sate Kuda Gondolayu [image source]
Yang ini lumrah ada di banyak tempat sebenarnya. Namun sate kuda di Jogja memiliki cita rasa yang beda. Ketika digigit bumbunya terasa dan tekstur daging hampir mirip dengan daging kambing. Konsumennya kebanyakan adalah pria, karena kuliner ini dianggap bisa meningkatkan vitalitas.

Sate Kuda Gondolayu [image source]
Lokasi : Sate Kuda Gondolayu, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

3. Sate Bekicot

Sate Bekicot [image source]
Bekicot atau siput memiliki bentuk yang menjijikan, tapi setelah diolah jadi makanan ternyata rasanya cukup enak. Olahannya pun bermacam-macam dan yang paling populer adalah dijadikan Sate. Menemukan makanan ini di Jogja tidaklah sulit. Kamu bisa membuktikan seperti apa rasanya dengan datang ke Sate Bekicot Kang Wisang di Desa Somorai, Sleman Yogyakarta.

Kuliner Bekicot [image source]
Lokasi : Desa Somorai, Margoagung, Seyegan, Sleman, Yogyakarta

4. Sate Keong

Sate Keong [image source]
Kang Wisang juga mengolah keong, sejenis siput yang ternyata juga menjanjikan rasa nikmat. Setiap harinya, Kang Wisang bisa mengolah sekitar 30 kg keong menjadi menu-menu istimewa. Selain sate biasanya para pengunjung memburu keong rica-rica. Kemudian minumannya bisa mencoba ‘Wedang Jancuk’, singkatan dari jahe kencur dan jeruk. Alternatifnya, kamu bisa memesan di Sate Keong 18 dengan menghubungi 089510280566.

Sate Keong [image source]
Lokasi : Desa Somorai, Margoagung, Seyegan, Sleman, Yogyakarta

5. Sate Landak

Sate Landak [image source]
Di balik duri landak, ternyata ada daging yang empuk. Bahkan bisa dijadikan makanan seperti yang dilakukan oleh Warung Ibu Nur Ika. Di sini, ada sate hingga landak rica-rica yang harganya murah. Satu porsi sekitar Rp15.000. Daging landak memiliki banyak manfaat terutama untuk mengobati asma.

Sate Landak [image source]
Lokasi : Jalan Magelang, Jogja

Itulah beberapa menu sate enak tapi diolah dari bahan-bahan yang tidak biasa. Daripada penasaran, langsung saja ke lokasi untuk mencicipinya. Kamu ingin mencicipi yang mana dulu?

Advertisement
Tags
Indonesia Sate Yogyakarta
Share