Sate Plecing Arjuna, Kuliner Enak di Bali dengan Sambal Terasi

Kuliner Bali mana yang paling kamu suka? Ayam betutu atau sate lilit? Semuanya memang enak, apalagi menyantapnya bersama orang tercinta. Berbicara mengenai makanan khas Bali, ada satu lagi yang unik dan bikin ketagihan. Namanya Sate Plecing Arjuna. Seperti apa sih kelezatan hidangan ini? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Sate Spesial di Bali

Dua porsi sate plecing dengan seporsi nasi putih
Dua porsi sate plecing dengan seporsi nasi putih via instagram/@sylvia.dean.lim

Tak hanya lilit, ternyata banyak jenis sate khas Bali. Salah satunya sate plecing yang bisa kamu temukan di Jalan Arjuna, Denpasar. Namanya warung tersebut adalah Sate Plecing Arjuna yang cukup legendaris dan difavoritkan banyak orang. Menu utama yang disajikan di sini adalah sate babi. Namun, ada juga sate ayam dan kambing yang tak kalah menggoda. Ada pula sate sumsum yang teksturnya empuk dan sedikit kenyal.

Nikmat dengan Sambal Terasi

Sate enak di Bali
Sate enak di Bali via instagram/@junitagunawan1210

Berbeda dengan sate biasanya, kuliner khas Bali ini tidak menggunakan sambal kacang. Sesuai dengan namanya, bumbu sate ini menggunakan sambal plecing yang terbuat dari racikan cabai, bawang putih, kemiri, dan terasi. Aromanya sedap, apalagi disiram dengan minyak serta jeruk limau. Kamu pun bakalan ketagihan menikmati sate unik dengan sambal dari campuran terasi ini.

Menu Lezat dari Tahun 90-an

Sate plecing dan Sambal istimewanya
Sate plecing dan Sambal istimewanya via instagram/@isayu76

Sate Plecing Arjuna merupakan warung yang didirikan oleh pasangan Tjo Hok Tjiang dan Tjwie Giok. Dibuka sejak tahun 1990, pemiliknya menyajikan hidangan istimewa dengan proses pembuatan sederhana, yaitu bermodalkan arang. Pun telah berganti tahun, ternyata proses memasak sate di sini tak berubah. Tentunya rasa yang disajikan masih sama seperti dulu. Tidak heran jika warung ini tidak pernah sepi.

Terkenal dan Difavoritkan Wisatawan

Kuliner enak dengan harga terjangkau
Kuliner enak dengan harga terjangkau via instagram/@horizonhoman

Tempat makan yang buka dari jam 9 pagi ini ternyata tak hanya difavoritkan warga sekitar. Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang tertarik untuk mencoba sate dengan bumbu terasi ini. Bahkan, ada juga yang memesan porsi campur dengan sate sumsum. Hingga artikel ini ditulis, harga seporsi sate plecing sekitar Rp24.000/10 tusuk. Terjangkau bukan?

Bagaimana, tertarik untuk mencoba Sate Plecing Arjuna? Rasanya tak hanya nikmat, tapi juga bikin ketagihan. Apalagi sambal uniknya yang nendang di lidah.

Tags
Bali Indonesia kuliner sate
Share