Cara Membedakan Samyang yang Halal dan Haram

Advertisement

Tak bisa dipungkiri, apa-apa yang berbau Korea sangat diminati di tanah air. Drama dan deretan artisnya memiliki penggemar dengan jumlah yang luar biasa. Tahu kan saat Gong Yoo liburan di Lombok, semua fans di negeri ini langsung histeris. Tak hanya itu, makanan yang berasal dari Negeri Gingseng juga laris manis.

Salah satunya adalah Samyang, ramen instan yang punya citarasa pedas. Belakangan makanan yang satu ini memang sedang hits di sosial media. Banyak yang memburu karena penasaran dan ingin merasakan sendiri sekuat apa rasa pedasnya. Mie ini juga yang digunakan untuk Samyang Challenge oleh banyak vlogger luar dan dalam negeri. Beberapa usaha kuliner pun tak sedikit yang menggunakann produk inu sebagai salah satu bahannya, seperti Martabak Kumkum.

Samyang halal dan haram
Samyang halal dan haram [image source]
Beberapa waktu terakhir, berita tentang samyang yang haram kembali memanas. Sebenarnya, bukan pertama kalinya ramen instan merk ini disebut haram karena tidak memiliki label halal di bungkusnya. Waduh, bagaimana jika memang benar bahwa Samyang yang selama ini kita konsumsi ternyata mengandung babi dan turunannya? Berita ini kembali mencuat setelah BPOM memerintahkan penarikan beberapa produk Samyang dari pasaran.

Mie Samyang halal
Mie Samyang halal [image source]
Ternyata, tak semua produk Samyang haram, kok. Dalam surat yang dikeluarkan oleh BPOM disebutkan bahwa Samyang U-Dong dan Rasa Kimchie yang belum mendapat label halal. Sedangkan, Samyang yang beredar di Indonesia adalah yang Rasa Ayam Pedas. Nah, jenis mie ramen yang ini sudah mendapat stiker halal dari Korean Muslim Federation untuk dijual di luar Korea.

Nongshim Shin Ramyun Black
Nongshim Shin Ramyun Black [image source]
Tenang saja, kalau kamu pecinta ramen pedas dari Korea ini, Samyang Rasa Ayam Ramen Pedas masih bisa dikonsumsi, kok. Di Malaysia dan Singapura, produk ini sudah ada label halalnya. Agar lebih aman hindari untuk membeli produk ini lewat online shop karena belum tahu di mana supplier pastinya.

Selain Samyang dengan dua jenis di atas, ada ramen instan lainnya yang harus ditarik peredarannya. Adalah Nongshim Shin Ramyun Black serta Ottogi rasa Yeul Ramen. Kedua mie instan ini sering terlihat di minimarket, ya. Nah, sekarang tahu kan mana yang boleh dibeli dan dikonsumsi?

Advertisement
Tags
kuliner
Share