Sambal Welut Pak Sabar, Kuliner Jogja yang Mantap

Jangan puas dulu dengan hanya memfavoritkan gudeg di Jogja. Daerah dengan sejuta keistimewaan ini punya banyak kuliner enak yang mantap di lidah. Salah satunya adalah Sambal Welut Pak Sabar di Bantul dengan kelezatan melegenda.  Berikut ini adalah beberapa informasinya.

Kombinasi Gurih Pedas yang Istimewa

Sambal Belut Pak Sabar
Sambal Welut Pak Sabar via Instagram/@milkym4n

Di beberapa tempat, belut biasanya dimasak dengan cara digoreng, lalu disandingkan dengan sambal dan lalapan. Namun sebuah warung makan di Jalan Imogiri Kilometer 6 menawarkan olahan belut atau welut yang sudah menyatu dengan sambal. Sehingga ketika disantap terdapat kombinasi yang pas antara rasa gurih dengan pedasnya sambal khas Jogja.

Sambal Belut Pak Sabar
Sambal Welut Pak Sabar via Instagram/@wu.dimas

Terkenal Karena Kepedasannya

Sambal Belut Pak Sabar
Sambal Welut Pak Sabar via Instagram/@mendadakuliner

Ada banyak menu belut yang disajikan dengan berbagai pilihan sambal. Contohnya seperti sambal bawang. Tidak sedikit pengunjung warung ini berasal dari luar kota. Mereka ingin mencoba bagaimana Sambal Belut Pak sabar yang terkenal karena kepedasannya. Untuk kamu yang tidak suka dengan rasa pedas tidak perlu khawatair. Kamu bisa meminta sambal belut yang cabainya sedikit atau bahkan tanpa menggunakan cabai. Rasanya tetap enak karena dimasak dengan bumbu spesial.

Sambal Belut Pak Sabar
Sambal Welut Pak Sabar via Instagram/@benubuloe

Menu-menu Pendamping yang Nikmat

Sambal Belut Pak Sabar
Sambal Welut Pak Sabar via Instagram/@jogjaeatguide

Menyantap makanan akan semakin nikmat jika minumnya juga pas. Di Sambal Belut Pak Sabar, kamu bisa memilih jeruk hangat hingga teh lemon. Untuk menambah rasa, dipakailah gula batu. Sedangkan menu pelengkapnya ada olahan ikan, belut oseng, belut goreng, hingga terong. Semua itu bisa kamu beli dengan harga mulai dari Rp5.000.

Sambal Belut Pak Sabar
Sambal Welut Pak Sabar via Instagram/@jogjaku

Kuliner Lama yang Enaknya Setia

Sambal Belut Pak Sabar
Sambal Welut Pak Sabar via Instagram/@uni_moms.naura

Warung Sambal Belut Pak Sabar bukan tempat makan yang baru buka di Jogja. Kabarnya, Pak Sabar sendiri mulai membuka usaha tersebut sejak tahu 1998. Sebelumnya, beliau sempat membuka angkringan. Baru setelah ada seseorang yang membuat sambal belut di warungnya dan ternyata enak, Pak Sabar berniat menjualnya sebagai menu karena unik dan jarang ada.

Sambal Belut Pak Sabar
Sambal Welut Pak Sabar via Instagram/@dondendron

Seperti itulah sekilas tentang sambal belut enak di Jogja buatan Pak Sabar. Rahasia kelezatannya memang tidak dirahasiakan, bahkan Pak Sabar memperbolehkan pengunjung untuk melihat proses memasaknya. Namun rasa yang khas hanya akan kamu temukan di sini.

Tags
Bantul Indonesia Jogja kuliner Jogja Sambal Belut
Share