Jangan Lupa Bawa Pulang, Lima Sambal Ini Bisa Kamu Jadikan Oleh-oleh

Sambal sepertinya sudah jadi teman wajib hampir semua warga Indonesia ketika sedang makan. Seolah ada yang kurang lengkap jika menyantap hidangan tanpa ada sensasi pedas mampir di lidah.

Buat kamu yang kebetulan berkesempatan mengunjungi berbagai daerah di Tanah Air, tentunya tidak akan lengkap jika tak mencoba sambal khas masing-masing daerah. Setiap kota punya racikan sambal sendiri, yang tentunya berbeda dibanding kawasan lainnya.

Bahkan bagi yang tertarik, beberapa produsen sambal tradisional di Indonesia kini sudah mengemas sambal buatan mereka dalam kemasan praktis untuk oleh-oleh. Penasaran? Berikut TravelingYuk sajikan daftar lengkap lima sambel khas yang bisa kamu jadikan oleh-oleh.

1. Sambal Merpati

Sambal Merpati dalam Kemasan Botol via Indo Indians

Jika kamu kebetulan jalan-jalan ke Makassar, ada sambal istimewa yang musti dicoba: Sambal Merpati atau dikenal juga dengan nama Lombok Kuning. Sambal ini punya rasa pedas yang benar-benar menampar lidah. Dengan sambal ini, kamu yang pecinta pedas bisa makan dengan lebih lahap.

Dibandrol dengan harga 10 hingga 40 ribu rupiah, Sambal Merpati bisa ditemukan di hampir semua toko di Makassar. Lihat saja warna sambalnya, membuat lidah sudah tidak sabar ingin mencicipinya bukan?

2. Sambal Roa JuDes

Samnal Roa Judes dalam kemasan kaleng via Instagram Bakoel Mpasi

Bicara soal Sulawesi Utara, sudah tentu pikiran kita akan dibawa ke Sambal Roa yang sudah terkenal itu. Selain itu, masih ada juga sambal dabu-dabu, yang beberapa tahun belakangan juga sudah mulai ngetren hingga ke Pulau Jawa.

Tidak seperti sambal pada umumnya, Sambal Roa dibuat dari gilingan kecil ikan roa dan dicampur dengan cabai, bawang, serta bawang merah, hingga memberikan rasa yang unik. Biasanya sambal roa disajikan bersama bubur manado.

Bagi yang tertarik membawa pulang sambal roa untuk dijadikan oleh-oleh, salah satu merk yang cukup ternama adalah Sambal Roa JuDes. Tidak terlalu susah mendapatkannya karena hampir bisa ditemui di semua toko suvenir di Sulawesi Utara.

3. Sambal Bu Rudy

Sambal Bu Rudy dalam kemasan botol via Instagram Lapis Pahlawan Surabaya

Sambal Bu Rudy sudah cukup lama terkenal karena sambalnya yang begitu nikmat. Ada tiga varian yang bisa kamu coba: Sambal Bawang, Sambal Peda, dan Sambal Terasi. Semuanya sama-sama lezat dan patut untuk dijajal.

Jika sedang berkunjung ke Surabaya, sempatkanlah untuk membeli Sambal Bu Rudy dan menjadikannya sebagai oleh-oleh. Kamu bisa bawa pulang sambal ini di toko resmi mereka di Jl Dharmahusada 140, Jl Anjasmoro 45, dan Jl Kupang Indah 31, Surabaya.

4. Sambal Encim

Kemasan Sambal Encim diwarnai dengan wadah berbentuk anyaman via Instagram Reenaokta

Sambal Encim memiliki cukup banyak varian sambal yang bisa kamu coba, mulai dari Sambal Plecing, Sambal Terasi Taliwang, Sambal Hijau, dan Sambal Rumput Laut. Konon sambal yang dijual di sini akan lebih nikmat jika disantap berbarengan dengan kuliner khas Lombok seperti Ayam Taliwang dan Pelecing Kangkung.

Namun demikian, varian Sambal Encim juga nikmat jika dimakan dengan nasi putih biasa. Kamu bisa membelinya di hampir semua toko suvenir di Lombok.

5. Sambal Bu Susan

Sambal Bu Susan salah satu suvenir khas Bali via Instagram Toko Sambel

Tidak hanya sarung, gantungan kunci, atau patung, kamu ternyata juga bisa menjadikan Sambal Bu Susan sebagai suvenir menarik dari Bali. Sambal Bu Susan sendiri merupakan sambal bermerk pertama di Bali yang dikemas sedemikian rupa dan dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari Pulau Dewata.

Ada beberapa variasi produk yang bisa dicoba, mulai dari Sambal Bawang, Sambal Teri, Sambal Udang, Sambal Pete, dan Sambal Terasi. Sama seperti suvenir lainnya di Bali, kamu bisa menemukan Sambal Bu Susan di berbagai toko suvenir.

Itulah beberapa rekomendasi sambal yang bisa kamu jadikan sebagai suvenir jika bepergian ke sejumlah daerah di Indonesia. Tidak perlu khawatir basi karena sambal-sambal ini disimpan dalam kemasan khusus yang bisa bertahan hingga sebulan jika disimpan dengan benar.

Tags
Bali kuliner Lombok Makassar Sambal sambal oleh-oleh sambal suvenir Surabaya Wisata
Share