Tak Cuma Indonesia, Ini Sajian Nasi dari Lima Negara

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Tak hanya Indonesia yang terbiasa menggunakan nasi sebagai santapan utamanya. Beberapa negara lain mulai Eropa hingga Asia, memiliki berbagai macam varian kuliner yang menggunakan nasi sebagai bahan utama. Rasa beras yang manis juga gurih, membuat bahan pokok ini dapat menyatu ketika dipadukan dengan makanan-makanan lain. Seperti sajian nasi dari lima negara ini.

Italia-Risotto

Risotto via shutterstock.com

Kesabaran kunci utama untuk memasak kuliner Italia yang ikonik ini. Nasi dimasak secara perlahan dengan disertai kaldu juga anggur. Kemudian diaduk terus sampai dua cairan tersebut terserap dengan sempurna. Risotto juga dapat dipadukan dengan berbagai macam topping yang tak kalah nikmat. Seperti keju, ayam, jamur, bahkan juga asparagus. Terdapat tiga jenis risotto yang populer yaitu, black ink risotto, mushroom, dan asparagus risotto.

India-Kheer

Kheer via shutterstock.com

Jika di Indonesia nasi menjadi sajian utama saat makan, hal yang berbeda akan Teman Traveler di India. Kheer, yang berbahan nasi, malah menjadi hidangan penutup di India. Komposisi utamanya adalah beras, gandum, tapiola, susu, gula, dan yang terpenting adalah racikan rempahnya. Secara fisik, kudapan ini memiliki bentuk fisik seperti puding. Berbagai toping ringan seperti kismis, almond, dan kacang mente biasanya menjadi pendamping kudapan ini.

Korea-Bibimbap

Bibimbap via shutterstock.com

Bibimbap merupakan makanan utama di Korean yang berbahan dasar nasi. Dalam semangkuk bibimbap Teman Traveler dapat menemukan nasi yang dicampur dengan berbagai macam sajian pendamping lainnya. Biasanya terdiri dari sayur mayur, daging sapi, terlu mentah ataupun matang, serta saus pedas gochujang. Sajian nasi dari Korea ini hanya menggunakan beberapa bumbu sederhana seperti kecap asin, minyak wijen, dan bumbu tambahan lain sesuai selera.

Jepang-Onigiri

Onigiri via shutterstock.com

Sajian Nasi asal Jepang ini memiliki bentuk yang menyerupai kudapan di Indonesia. Onigiri merupakan kudapan yang berbahan dasar nasi dan berbentuk segitiga. Di bagian dalamnya terdapat berbagai pilihan isian. Biasanya kudapan ini dilapisi dengan lembaran rumput laut di bagian luarnya. Selain menjadi kudapan, beberapa masyarakat Jepang juga menjadikan onigiri sebagai menu makanan utama.

Indonesia-Nasi Goreng

Nasi goreng via shutterstock.com

Nasi goreng, dikenal sebagai hidangan favorit sepanjang masa di Indonesia. Kuliner ini menjadi favorit berbagai kalangan. Bahkan Mantan Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama, pernah menjajal kuliner ini saat kunjungannya ke Indonesia pada November 2010 silam. Nasi goreng sendiri merupakan resep akulturasi yang dibawa oleh migran Tionghoa beraba-abad silam.

Tak hanya Indonesia negara yang menjadikan nasi sebagai sajian utama. Beberapa negara yang telah disebutkan di atas juga menjadikan nasi sebagai bahan makanan utama. Pernah mencoba salah satu kudapan yang disebutkan di atas?