Ingin Jalan ke Kebun Raya Tapi Takut Hujan? Rumah Kaca Instagenic dengan Bermacam Tumbuhan Bisa Jadi Pilihan!

Berjalan-jalan ke kebun raya bisa jadi pilihan yang menyenangkan sekaligus menyegarkan. Namun sayang, hujan yang sudah mulai sering turun jadi halangan. Tetapi tenang, rumah kaca instagenic dengan beragam tumbuhan di dalamnya yang juga menjadi bagian dari beberapa kebun raya berikut ini bisa disambangi. Setidaknya bisa sedikit mengobati keinginan Teman Traveler, kan? Simak uraiannya di bawah ini ya untuk info lebih lanjut.

1. Eka Karya Botanic Garden, Bali

Taman Kaktus di Kebun Raya Bali via Instagram/ dekk_uchix

Rumah kaca instagenic dengan beragam tumbuhan di dalamnya, bisa Teman Traveler temukan di Eka Karya Botanic Garden, Bali. Kebun raya yang lokasinya berada di Bedugul, dengan ketinggian sekitar 1.250-1.450 meter di atas permukaan laut ini memiliki rumah kaca seluas 500 meter persegi. Di sini terdapat sekitar 68 jenis kaktus. Guna rumah kaca ini adalah untuk melindungi tanaman kaktus dari lembapnya udara di sekitar yang memang bisa mencapai 17-25 derajat celcius.

2. Kebun Raya Cibodas Cianjur

Green House di Kebun Raya Cibodas Cianjur via Instagram/ agygsl

Kebun Raya Cibodas berada di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Cipanas, Cianjur. Kawasan ini memiliki topografi bergelombang dan berbukit-bukit. Berada di ketinggian sekitar 1.275 meter di atas permukaan laut, suhu udara di sini berkisar di angka 17-27 derajat celcius. Rumah kaca instagenic yang ada di kebun raya ini disebut juga Green House. Di sini terdapat sekitar 4.000 contoh tanaman dari 350 jenis kaktus, 360 jenis anggrek dan beberapa tanaman langka.

3. Bogor Botanical Garden

Orchidarium di Bogor Botanical Garden yang Cantik via Instagram/ tikamanjoentak

Bogor Botanical Garden atau Kebun Raya Bogor luasnya mencapai 87 hektar are. Ia memiliki sebanyak 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Keberadaan rumah kaca di Kebun Raya Bogor dibuat sebagai Orchidarium atau rumah anggrek. Berisi bermacam-macam anggrek yang berwarna-warni, rumah ini terletak di taman sisi timur Kebun Raya Bogor. Anggrek-anggrek di Orchidarium ini bisa diadopsi lho, dan yang pasti instagenic!

4. Orchid Forest Bandung

Rumah Kaca Instagenic di Orchid Forest via Instagram/ orchidforestcikole

Orchid Forest Bandung terkenal sebagai tempat wisata instagenic. Jembatan gantung dengan lampu-lampu dan hutan pinus yang berjejer rapi adalah spot paling banyak digunakan untuk berfoto. Tetapi, di sini juga ada rumah kaca instagenic lho. Bukan sembarangan instagenic, bangunan ini digunakan sebagai rumah bagi anggrek-anggrek di kawasan ini, baik anggrek langka atau anggrek yang banyak dijumpai. Kelembapan dan suhu di ruangan juga ini diatur. Jadi rumah kaca ini memang difungsikan sebagai tempat khusus bagi anggrek ya.

Rumah kaca instagenic yang ada di atas dibangun bukan tanpa alasan. Ia menjadi area khusus yang sengaja dibangun guna keberlangsungan hidup tumbuhan-tumbuhan yang ada di kawasan tersebut, seperti kaktus dan anggrek. Jadi bagaimana? Kapan mau berkunjung ke rumah kaca ini?

Tags
Botanical Garden Indonesia Kebun Raya Bogor Kebun Raya Cibodas rumah kaca instagenic Wisata
Share